Ini Bukan Pantun! Bunga Asoka di Atas Ranting, Strategi Kraton Kurangi Stunting

Ini Bukan Pantun! Bunga Asoka di Atas Ranting, Strategi Kraton Kurangi Stunting

Ketua TP PKK Kota Tegal dr Roro Kusnabila Erfa, Camat Tegal Barat Edy Sudirman dan Lurah Kraton Arifullah usai memberikan bantuan untuk Batuda kategori stunting di Pendapa Kelurahan Kraton.-Meiwan Dani R-

RADAR TEGAL - Bunga Asoka di Atas Ranting, strategi Kraton kurangi stunting

Ini bukan pantun. Ini merupakan inovasi Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal dalam mengurangi angka stunting di wilayahnya. 

Bunga Asoka di Atas Ranting adalah kepanjangan dari Bersama PKK Kita Berantas Stunting. 

Inovasi tersebut dilauching bersamaan dengan pemberian makanan tambahan yang dilakukan Ketua TP PKK Kota Tegal dr Roro Kusnabila Erfa, Camat Tegal Barat Edy Sudirman dan Lurah Kraton Arifullah untuk Bayi Dua Tahun (Baduta) kategori stunting di Pendapa Kelurahan Kraton, Rabu 26 Juli 2023.

“Strategi pengurangan stunting kita beri nama Bunga Asoka di Atas Ranting. Nantinya akan diberikan makanan tambahan kepada Baduta selama satu bulan penuh. Makanan tambahan itu diberikan dari dari donatur mulai 26 Juli hingga 26 Agustus,” kata Lurah Kraton Arifullah. 

BACA JUGA:Cegah Stunting, Pemkot Tegal Galakan Gerakan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu

Untuk donatur, dari TP PKK tingkat RT dan RW akan melakukan iuran sebesar Rp2 ribu per hari sebagai penunjang pemberian makanan untuk bayi dibawah dua tahun. 

Karena total jumlah balita stunting ada 50 anak dengan rincian 45 balita diatas dua tahun dan 5 dibawah dua tahun. 

Sedangkan yang menjadi fokus program tersebut bayi dibawah dua tahun, sebab masih dalam pemberian ASI. 

Untuk evaluasi akan dilakukan bertahap selama satu minggu dengan pengecekan dan penimbangan. 

“Kita berharap, semoga dengan pemberian PMT tersebut, angka stunting di Kraton akan berkurang dan menjadi zero,” ujarnya.

BACA JUGA:Sego Secenting Bisa Turunkan Angka Stunting Kelurahan Tegalsari Tegal?Ini Buktinya

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Tegal Dr Roro Kusnabila Erfa mengungkapkan, angka stunting memang terus mengalami kenaikan. 

Tetapi tidak hanya di Kota Tegal saja, di seluruh Indonesia juga meningkat. Sehingga penanganan stunting tidak bisa dilakukan hanya pemerintah saja. 

Sumber: