Mendunia! 15 Brand Terkenal Ini Ternyata dari Indonesia, Banyak yang Mengira dari Luar Negeri

Mendunia! 15 Brand Terkenal Ini Ternyata dari Indonesia, Banyak yang Mengira dari Luar Negeri

15 brand lokal yang mendunia-(Ilustrasi: iNews.id/Komaruddin B)-

RADAR TEGAL - Ternyata, banyak sekali brand Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Pemerintah Indonesia selalu berusaha untuk meningkatkan perekonomian negara dengan memasarkan produk lokal ke kancah internasional.

Karena itu, banyak brand Indonesia yang seringkali luput dari perhatian kita, padahal mereka berasal dari Indonesia. Penasaran dengan daftar brand Indonesia yang mendunia?

Radartegaldisway.id sudah merangkum 15 brand Indonesia yang mendunia. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Krisbow

Apakah seringkali menemukan barang-barang atau perkakas dengan merek Krisbow? Tidak salah lagi, brand ini memang dari Indonesia. Nama Krisbow sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Krisnandi Wibowo, pendiri brand ini.

Pendiri Krisnandi Wibowo ternyata adalah anak dari Wong Jin, pendiri Kawan Lama Group. Kawan Lama Group adalah perusahaan yang memiliki Ace Hardware dan Informa.

2. J.CO

Siapa yang suka makan donat? Pasti kamu sudah mengenal J.CO, kan? J.CO adalah restoran dari Indonesia yang menjual minuman dan donat dengan banyak rasa. Restoran ini dimiliki oleh Johnny Andrean Group yang berdiri sejak 2006.

J.CO mulai dikenal di seluruh dunia ketika membuka cabangnya di Malaysia pada tahun 2007, di Singapura pada tahun 2008, di Filipina pada tahun 2012, di Hong Kong pada tahun 2016, dan di Arab Saudi pada tahun 2018.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak yang mengira bahwa J.CO berasal dari luar negeri, padahal sebenarnya ini adalah salah satu brand Indonesia yang terkenal di dunia.

BACA JUGA:Di Tegal Ada Brapa Pabrik Teh? Begini Sejarahnya Tegal Sebagai Produsen Teh Terbesar di Indonesia

3. Lea Jeans

Lea Jeans adalah brand Indonesia yang terkenal di seluruh dunia dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan merek dari luar negeri.

Mereka sudah berdiri sejak tahun 1972 dan mengusung konsep American Style, sehingga seringkali disangka sebagai brand asing.

Ternyata, Lea Jeans diproduksi di Tangerang, Banten, oleh perusahaan bernama PT Lea Sanent.

4. Erigo

Bagi kamu para anak muda, pasti sering mendengar tentang brand Erigo. Beberapa tahun belakangan, Erigo aktif memasarkan produknya di pasar internasional. Tapi sebenarnya, brand pakaian ini dulunya bernama 'Selected and Co' dan hanya membuat batik kasual pada saat didirikan tahun 2010.

Kemudian pada tahun 2013, pendiri Erigo, Muhammad Sadad, mulai menjual pakaian dengan konsep street style yang modern. Barulah pada tahun 2022, brand Erigo mendapat perhatian dunia karena tampil di New York Fashion Week 2022.

5. Paseo

Salah satu brand Indonesia yang terkenal di seluruh dunia adalah Paseo. Merek tisu ini dibuat oleh perusahaan bernama Asian Paper and Pulp, yang merupakan anak perusahaan dari Sinar Mas.

Ternyata, Paseo sudah mengekspor produknya ke 65 negara, termasuk Amerika Serikat dan Selandia Baru. Sungguh keren, ya, brand Indonesia yang bisa dikenal sampai ke seluruh dunia!

6. Tolak Angin

Brand Tolak Angin sangat terkenal di Indonesia, bahkan tagline iklannya mungkin sudah diingat oleh hampir semua orang di sini. Obat herbal ini diproduksi oleh PT Jamu Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Ternyata, Tolak Angin sudah ada sejak tahun 1930. Saat ini, produk ini juga diekspor ke banyak negara, seperti Arab Saudi, Kamboja, Myanmar, Vietnam, Filipina, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Apa Itu Wagistel? Begini Sejarah Singkat Tradisi Moci Khas Kota Tegal

7. La Fonte

Apakah kamu suka spageti? Pasti sudah tidak asing dengan merek yang satu ini. Meskipun namanya berasal dari Italia, banyak yang mengira bahwa brand ini berasal dari luar negeri.

Padahal sebenarnya, La Fonte diproduksi oleh Bogasari sejak tahun 1991. Merek ini menawarkan berbagai produk, seperti spageti, makaroni, fettucini, dan lain-lain. Saat ini, La Fonte sudah diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, China, Korea, Nigeria, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan lainnya.

8. Eiger

Brand Indonesia berikutnya yang terkenal di seluruh dunia adalah Eiger. Bagi kamu yang suka mendaki gunung dan beraktivitas di luar ruangan, pasti sudah mengenal merek ini.

Eiger telah berdiri sejak tahun 1979 dan menjual berbagai peralatan untuk kegiatan outdoor, seperti sepatu, sandal, celana, baju, jaket, tas, topi, dan lainnya.

Tidak hanya itu, pada tahun 1992, Eiger juga mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Saat ini, produk-produk Eiger bisa kamu temukan baik di dalam maupun luar negeri, seperti Jepang, Lebanon, Malaysia, dan Filipina.

9. GT Radial

Siapa yang sering mengira merek ban kendaraan GT Radial berasal dari luar negeri? Padahal, brand ini sebenarnya diproduksi di Indonesia oleh PT Gajah Tunggal.

Meskipun diproduksi di Indonesia, produknya sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di Eropa, Amerika, Asia, Timur Tengah, dan Australia. Sungguh keren!

10. Indomie

Pernah melihat konten foto atau video di Youtube dari Youtuber luar negeri yang makan Indomie sambil me-review-nya? Ternyata, Indomie sudah sangat terkenal di berbagai negara di seluruh dunia.

Indomie bahkan sudah diekspor ke banyak negara seperti Arab Saudi, Amerika Serikat, Taiwan, Australia, Hongkong, Irak, serta beberapa negara di Afrika dan Asia. Hasil review-nya pun selalu positif. Betapa bangganya, ya!

BACA JUGA:10 Buah Ini Bentuknya Aneh Banget

11. SilverQueen

Bagi kamu yang suka memberi hadiah kepada pasanganmu di hari spesial, mungkin pernah memilih cokelat SilverQueen sebagai salah satu pilihan. Selain enak dan terjangkau, cokelat ini juga terlihat mewah dan tidak murahan.

Ternyata, banyak yang menganggap SilverQueen berasal dari luar negeri. Padahal, cokelat ini diproduksi oleh perusahaan Indonesia, yaitu PT Petra Foods.

Cokelat SilverQueen juga termasuk brand Indonesia yang terkenal di dunia. Produknya sudah diekspor ke 17 negara, seperti Thailand, India, Korea Selatan, Jepang, Brunei, Hongkong, Filipina, Australia, dan China.

12. HokBen

Siapa yang kalau bingung memilih menu makanan, akhirnya pergi ke HokBen? Restoran cepat saji ini menyajikan masakan ala Jepang dan sudah ada sejak tahun 1985.

Mungkin dulu kamu pernah mengira bahwa HokBen benar-benar berasal dari Jepang. Padahal, sebenarnya restoran ini adalah produk lokal, lho! HokBen dikelola oleh PT Bogainti dan outlet pertamanya berlokasi di Kebon Kacang, Jakarta.

13. CFC

Ada satu lagi restoran cepat saji yang seringkali dikira berasal dari luar negeri, padahal sebenarnya dari Indonesia, yaitu CFC (California Fried Chicken). CFC bisa dibilang termasuk brand Indonesia yang terkenal di dunia karena telah membuka cabang di beberapa negara.

CFC awalnya berada di bawah PT Pioneerindo Gourmet International Tbk. Walaupun begitu, dulu CFC merupakan bagian dari waralaba California Pioneer Chicken dari Pioneer Take Out yang berasal dari Amerika Serikat.

Namun, pada tahun 1989, mereka memutuskan untuk melepaskan diri dari waralaba tersebut dan akhirnya memproduksi sendiri.

14. Polytron

Polytron, perusahaan elektronik ini seringkali dianggap berasal dari Jepang atau China. Padahal, sebenarnya Polytron adalah merek asli Indonesia yang produknya dijual hingga ke luar negeri.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1975 dan memproduksi berbagai alat elektronik seperti kulkas, TV, mesin cuci, AC, speaker, dan lainnya.

BACA JUGA:Atlet Kebanggaan Wong Tegal! Mengenang Perjalanan Karir Bulutangkis Simon Santoso

15. Kopiko

Brand ini juga sangat terkenal di seluruh dunia karena produknya diekspor ke lebih dari 80 negara, seperti Jerman, Korea Selatan, Singapura, Portugal, Australia, dan lainnya.

Kopiko, sebenarnya diproduksi oleh PT Mayora Indah dari Indonesia. Belakangan ini, Kopiko menjadi sorotan karena sering muncul di beberapa drama Korea Selatan, salah satunya adalah Vincenzo.

Jadi, itulah 15 brand Indonesia yang sangat terkenal di dunia dan seringkali disangka berasal dari luar negeri. Merek-merek lokal Indonesia ini sungguh membanggakan karena berhasil merambah pasar internasional.

Demikian informasi tentang brand Indonesia yang mendunia. Temukan banyak informasi tentang ragam keunikan lainnya, hanya diradartegal.disway.id, semoga bermanfaat.(*)

Sumber: