Cegah Aksi Geng Motor dan Kejahatan Jalanan, Tim 'Kalong' Diterjunkan

Cegah Aksi Geng Motor dan Kejahatan Jalanan, Tim 'Kalong' Diterjunkan

Kapolres Brebes (kiri) saat mengecek Tim Khusus yang dibentuk sebagai upaya pencegahan terjadinya aksi geng motor dan kejahatan jalanan lainnya, Rabu 26 Juli 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebagai upaya pencegahan terjadinya aksi geng motor dan kejahatan jalanan lainnya, jajran Polres Brebes, membentuk tim khusus 'Kalong'. Tim yang berjumlah 15 anggota polisi yang sudah terlatih ini diterjunkan guna antisipasi aksi geng motor dan kejahatan lainnya.

Pembentukan tim khusus ini sebagai upaya pihak Polres Brebes memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Himbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), oleh sebab itu, hari ini kita bentuk untuk Kamtibmas di wilayah hukum Polres Brebes," ungkap Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq, didampingi Wakapolres Kompol Arwansa, Rabu 26 Juli 2023.

Kaporles Brebes menjelaskan, nantinya tim khusus ini bekerja secara preventif straight (pencegahan dan penindakan) di lapangan bila ditemukan kerumunan geng motor atau kejahatan lainnya.

"Timsus Kalong untuk melakukan preventif straight, karena dalam kurun waktu satu bulan belakangan ini, banyak terjadi insiden tawuran, pembegalan," jelasnya.

Dalam berkerja nanti, lanjut Kapolres, timsus Kalong nantinya bekerja melebihi standar patroli rutin. Yakni bekerja mengawasi dan melakukan tindakan-tindakan di jam-jam rawan dan jam tertentu, dalam membackup, satuan fungsi lain di kepolisian. 

"Ada 15 orang anggota timsus yang diketuai seorang perwira. Tidak menutup kemungkinan kita akan menambah personilnya. Mereka sudah terlatih dalam menembak maupun lihai dalam mengendarai sepeda motor di jalan raya," pungkasnya.***

Sumber: