Mengenal Makanan Khas Bandung, Begini Asal Usul Terciptanya Nama Batagor

Mengenal Makanan Khas Bandung, Begini Asal Usul Terciptanya Nama Batagor

Asal usul nama Batagor--

RADAR TEGAL - Siapa nih diantara kalian yang suka banget sama kuliner khas Jawa Barat? Yup makanan asal provinsi ini memang terkenal sangat beragam. Salah satunya makanan asal salah satu daerah di Jawa Barat, tepatnya Bandung yang bernama Batagor.

Harganya murah, renyah, nikmat dengan bakso tahu goreng dan siraman saus kacangnya membuat makanan ini menggugah selera. Namun rupanya di balik rasanya yang enak dan menjadi makanan kecintaan banyak orang, ada kisah tersembunyi.

BACA JUGA: Asal Usul Mantu Poci Tegal, Kota yang Penuh dengan Langka-langka, Keunikan dan Kisah Menarik

 

Kisah dibalik Batagor

Yup tak hanya sekedar nama, rupanya makanna satu ini punya kisah tersendiri loh. Kisah tersebut berasal dari adanya makanan batagor ini, yang ternyata tercipta karena ketidaksengajaan.

Penciptanya pun konon bukan orang Bandung, melainkan perantau asal Jawa Tengah yang sedang merantau ke Bandung. Perantau tersebut dikenal dengan nama Kang Isan.

Awalnya Kang Isan hanyalah seorang penjual tahu bakso yang berjualan keliling. Namun rupanya jualannya tadi tidak terlalu laris pembeli, sehingga akhirnya ia memutar otak.

Saat jualannya tersebut tidak laku, ia mencoba membuat inovasi baru dengan tahu bakso nya tadi dengan cara digoreng. Cara satu ini dilakukannya juga dengan tujuan agar tahu bakso tadi tidak mudah basi.

BACA JUGA: Sejarah Dijulukinya Tegal Sebagai Kota Bahari, Kaya Kie Asal Usule Lurr!

 

Setelah digoreng barulah ia membagikannya kepada para tetangga - tetangganya agar tidak mubazir. Namun rupanya setelah beliau mencoba menggoreng tahu bakso nya, tetangganya sangat menyukai sehingga beliau mencoba menjual dan ternyata ramai pembeli.

Dari sanalah rupanya batagor tersebut tercipta. Namun saat ini Kang Isan telah meninggal dunia tepatnya tahun 2010 lalu.

Hingga saat ini berkat Alm. Kang Isan makanan Batagor tersebut banyak disukai orang. Bahkan banyak penjual yang menjualnya hampir di seluruh Indonesia.

Sumber: