Nepal Ada di Indonesia? Desa Butuh Ini Disebut sebagai Nepal Van Java

Nepal Ada di Indonesia? Desa Butuh Ini Disebut sebagai Nepal Van Java

Desa Butuh--dailyasia.com

RADAR TEGAL - Desa Butuh terletak di kaki Gunung Sumbing, Magelang, Jawa Tengah. Desa ini perlahan menjadi daya tarik wisatawan di seluruh dunia. 

Hal ini karena desa ini mirip dengan desa di Nepal. Karena kemiripannya itulah, banyak orang menyebut desa ini sebagai Nepal Van Java

Melansir dari kanal youtube Angelick Vaulina, berikut sederet informasi terkait Desa Butuh. 

BACA JUGA:Desa Waturaka, Desa Terkaya Di Indonesia yang Punya Danau Tiga Warna

Desa Butuh dengan segala keunikannya

Desa Butuh berjarak 20 km dari Kota Magelang. Jika ingin berkunjung dan menggunakan motor, maka akan memakan waktu sekitar setengah jam. 

Adapun jika menggunakan mobil, maka akan memakan waktu sekitar satu jam. Selain itu, jalan untuk menuju ke sana adalah jalan yang kecil sehingga lebih baik tidak menggunakan bis. 

Jalan yang curam dan menanjak juga membuat Anda harus berhati-hati selama melewatinya. Dan juga, tidak ada petunjuk atau pelang untuk menuju ke desa ini. 

Ada hanya bisa mengandalkan GPS/google maps atau bertanya kepada warga sekitar. Tempat parkir mobil berada 200 meter di sebelah kanan lokasi wisata. 

Sedangkan, tempat parkir motor berada di bawah lokasi wisata. Anda akan membayar 5.000 rupiah untuk parkir motor. 

Adapun 10.000 rupiah untuk parkir mobil. Kemudian untuk tiket masuknya sebesar 8.000 rupiah. 

Tentang Desa Butuh, Magelang 

Sebelum rumah-rumah berdiri di desa ini, desa ini dulunya merupakan ladang pertanian. Oleh karena itu, rumah-rumah yang ada pun bentuknya mengikuti pola tanah. 

Itulah mengapa desa ini disebut Nepal Van Java. Selain mirip dengan desa di Nepal, desa ini juga mirip dengan Rio De Jenairo, Brazil. 

Sumber: youtube angelick vaulina