Mitosnya Membawa Berkah, Desa di Tegal Ini Dipercaya Dulunya Adalah Sungai

Mitosnya Membawa Berkah, Desa di Tegal Ini Dipercaya Dulunya Adalah Sungai

Legenda Desa Kalimati--https://youtu.be/aksSFNVHnZw

RADAR TEGAL, Adiwerna adalah salah satu daerah administratif di Kabupaten Tegal. Daerah ini mempunyai salah satu desa bernama Kalimati. Kabarnya, desa ini mempunyai legenda Desa Kalimati terkait dengan asal-usul penamaannya.

Asal-usul penamaan suatu daerah memang menarik untuk ditelusuri. Seperti yang kita tahu, setiap nama daerah terdiri dari kata-kata yang punya makna. Salah satunya legenda Desa Kalimati ini.

Kalimati terdiri atas dua kata, yaitu 'kali' yang berarti sungai, dan 'mati'. Sekilas, kata ini terdengar seram, karena secara harfiah berarti sungai kematian. Legenda desa Kalimati memang tidak jauh dari keberadaan sungai yang dahulu dipercaya adalah daerah Kalimati.

Sungai Kalimati terletak di Tegal, Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Kecamatan Adiwerna. Melansir dari Wikipedia, beginilah legenda Desa Kalimati yang juga asal-usul penamaan daerah tersebut.

BACA JUGA:Legenda Sungai Serayu di Banjarnegara, Mitosnya Terbuat dari Air Pipis Bima

Legenda Sungai Kalimati

Dikisahkan bahwa dahulu kala ada sungai lebar, besar, dan dalam yang menjadi pemisah antara dua desa. Sungai ini banyak dilalui oleh pedagang terutama untuk menjual hasil dagangan. Sehari-hari orang menyebrangi sungai menggunakan perahu.

Namun, suatu hari, seorang pedagang tenggelam di sungai tersebut dan tak tertolong. Esok harinya, kejadian yang sama terulang hingga beberapa kali dan jumlah orang tenggelam semakin bertambah.

Hal ini pun menjadi perhatian pemimpin daerah. Akhirnya, mereka setuju untuk mempersempit lebar sungai sebagai jalur lalu lintas perdagangan. 

Setelah dipersempit, orang banyak membangun pemukiman di daerah sungai tersebut karena dianggap sebagai sumber penghidupan yang baik. Tempat tersebut pun menjadi padat penduduk.

BACA JUGA:Mitos Desa Negla di Brebes, Konon Warganya Pernah Ditakuti karena Sakti dan Berilmu Kanuragan Tinggi

Kepercayaan Kalimati membawa berkah

Di zaman penjajahan, saat daerah tersebut diserang, banyak orang gugur sebagai korban, namun banyak penduduk di bekas sungai yang dipersempit tersebut selamat. Mereka bersembunyi di daerah sungai sambil berdoa dan mengharapkan berkah.

Dari sinilah kepercayaan bahwa daerah sungai ini membawa berkah dimulai. Penduduk percaya bahwa sungai Kalimati tidak hanya sebagai sumber rezeki, tetapi juga melindungi dari mara bahaya.

Sumber: https://youtu.be/akssfnvhnzw