Bersama Mahasiswa, Emak-emak di Desa Ini Berlatih Operasikan Komputer

 Bersama Mahasiswa, Emak-emak di Desa Ini Berlatih Operasikan Komputer

PELATIHAN - Sejumlah ibu-ibu PKK Desa Ketileng Kecamatan Kramat mengikuti pelatihan mengoperasikan komputer, baru-baru ini.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

KRAMAT, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Bersama mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) Giat 5, emak-emak di Desa Ketileng Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal mengikuti pelatihan mengoperasikan komputer. Emak-emak yang tergabung dalam PKK ini dilatih oleh sejumlah mahasiswa di balai desa setempat.

Salah satu mahasiswa, Nadia Luki Martanti berharap ibu-ibu PKK bisa belajar tentang IT. Sehingga bisa menyalurkannya kepada anak-anak agar pengetahuan yang telah diberikan bisa menyebar luas dan semakin bermanfaat bagi semua masyarakat Desa Ketileng.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat," ucapnya.

"Ibu-ibu ini kami latih mengoperasikan komputer dengan panduan Ms. Word dan Ms. Exel," kata Rezkyma Syalfa Noor, salah satu mahasiswa Unnes, Kamis, 20 Juli 2023.

Menurutnya, materi pelatihan ini memang tergolong sulit. Terlebih  ibu-ibu PKK jarang mengoperasikan Personal Computer (PC). 

BACA JUGA:Modal Sedikit Untung Besar, Metode Hidroponik Wick dan DFT Dikembangkan di Kabupaten Tegal

Namun, dengan adanya pelatihan Information Technology (IT) ini, ibu-ibu PKK akan lebih mudah karena dibimbing oleh mahasiswa Unnes Giat 5. Mereka bisa mencoba rumus penting yang biasa digunakan pada pengolahan data.

"Nantinya ibu-ibu bisa memahami Ms. Excel dengan perlahan seperti dapat menghitung hasil penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lainnya," ujarnya.

Terkait hal ini, Ketua PKK Desa Ketileng Nur Inayatul Afriokhati mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Unnes Giat 5 yang telah memberikan pelatihan mengoperasikan komputer kepada para ibu-ibu PKK di desanya.

"Ilmu ini sangat bermanfaat untuk kami, terutama ibu-ibu PKK di Desa Ketileng. Karena mayoritas mereka belum bisa mengoperasikan komputer," imbuhnya. ***

Sumber: