Sungai Niyama, Surga Tersembunyi di Tulungagung

Sungai Niyama, Surga Tersembunyi di Tulungagung

--Youtube Chicosavic

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sungai Niyama terletak di Dusun Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Sungai ini menjadi salah satu sungai paling bersih di Indonesia

Kabarnya, sungai ini juga disebut sebagai sungai yang mirip Missisipi-Misouri, Amerika Serikat. Melansir dari kanal youtube Chicosavic, berikut sederet informasi mengenai Sungai Niyama, Tulungagung. 

BACA JUGA:Ada Amazon di Indonesia? Ini Sungai Maron yang Indahnya Memanjakan Mata

Spillway Sungai Niyama

Sungai Niyama memiliki spillway atau saluran pemisah. Fungsinya untuk mengendalikan arus banjir dari hulu sungai. 

Spillway di sungai ini terbentuk secara alami. Pembentukannya memanfaatkan aliran sungai sebagai saluran pembuangan yang diteruskan ke pantai. 

Komponen pembentuk spillway terdiri dari batu stalaktit. Saat musim kemarau, struktur bebatuan ini akan semakin terlihat karena aliran spillway yang kecil. Sebaliknya, saat musim hujan, aliran spillway akan menjadi aliran air bah limpahan Sungai Niyama. 

Sebagai sungai paling bersih di Indonesia, Air di Sungai Niyama sangat jernih sampai-sampai terlihat bebatuan di dasar sungai. Area ini merupakan area terbatas milik PLTA Tulungagung. 

Sungai ini bukanlah objek wisata. Oleh karena itu, tidak banyak orang yang datang ke area ini.

Mengapa dinamakan spillway?

Spillway ini adalah air buangan dari sungai niyama. Ketika terowongan dibuka, air yang keluar tidak akan berwarna jernih, melainkan sudah tercampur dengan lumpur. 

Diharapkan untuk hati-hati, dan tidak sembarangan berenang di area spillway. Hal ini karena tidak ada pemberitahuan kapan terowongan akan dibuka. 

Bisa saja tiba-tiba air mengalir deras seperti air bah dan menyeret siapapun yang berenang di sungai. Oleh karena itu, untuk yang ingin berkunjung, harus berhati-hati dan waspada. 

Sumber: youtube chicosavic