Buntut Brantas Tabrak Tronton, Sejumlah Kereta Sempat Mengalami Keterlambatan

Buntut Brantas Tabrak Tronton, Sejumlah Kereta  Sempat Mengalami Keterlambatan

Situasi kecelakaan kereta tabrakan Tronton di Semarang (Foto: Istimewa)--

SEMARANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Buntut kecelakaan yang terjadi di jalur kereta Jerakah-SEMARANG antara KA 112 Brantas dengan Truk Tronton, dua jalur kereta sempat tidak dapat digunakan. Akibatnya, sejumlah kereta berbagai jurusan mengalami keterlambatan.

Manager Humas Daop IV Semarang Ixfan Hendri Wintoko mengatakan telah terjadi kecelakaan antara KA 112 Brantas relasi Pasar Senen - Blitar dengan Truk Tronton, Selasa 18 Juli 2023 sekitar pukul 19.32 WIB. Lokasi kecelakaan berada JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah - Semarang Poncol.

"Akibat kejadian tersebut, Lokomotif KA Brantas mengalami kebakaran. Sementara 2 jalur KA pada petak Jerakah - Semarang Poncol untuk sempat tidak dapat dilalui,"kata Ixfan.

Menurut Ixfan, api pada lokomotif sudah berhasil dipadamkan. Sementara untuk rangkaian kereta eksekutif 2 ke belakang, saat ini sudah berhasil diamankan dan ditarik mundur menuju Stasiun Jerakah. 

Ixfan menegaskan, KA 112 Brantas membawa 626 penumpang dengan rangkaian yang terdiri dari 3 kereta kelas eksekutif, 6 kereta kelas ekonomi dan 1 kereta pembangkit. 

"Untuk kondisi masinis dan asisten masinis dalam kondisi selamat, serta para penumpang tidak ada yang terluka,"tegasnya.

Menurut Ixfan, akibat kejadian itu sejumlah kereta penumpang mengalami keterlambatan. Yakni, Brantas, Kamandaka, Kaligung, Brantas, Gumarang Kertajaya, Argo Merbabu, Joglosemarkerto dan Brawijaya.

KAI menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan KA yang terjadi. Pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk normalisasi di Jalur Kereta Api.

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan. Karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat adanya kejadian ini,”terang Ixfan. ***

Sumber: