8 Nama Indonesia Sebelum Merdeka, Yang Kedua Sudah Tidak Asing

8 Nama Indonesia Sebelum Merdeka, Yang Kedua Sudah Tidak Asing

--cntraveler.com

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia selain menjadi negara yang kaya akan rempah-rempah, juga kaya akan sejarahnya. Bahkan, sudah ada beberapa pergantian nama Indonesia sebelum merdeka.

Nama Indonesia sebelum merdeka seringkali berganti berdasarkan era penggunaan namanya. Ada beragam cara menamainya juga, tapi satu hal yang pasti nama itu selalu mengandung arti 'kepulauan'. 

BACA JUGA:5 Pulau yang Dulunya Indonesia, Ada Dua yang Pernah Jadi Rebutan Malaysia

Pemilihan kata 'kepulauan' untuk nama Indonesia sebelum merdeka menggambarkan sebagaimana wujudnya yang terdiri dari berbagai pulau. Selain itu, kata 'Hindia' yang terkandung di dalamnya menguatkan fakta bahwa negara ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. 

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal sejarah Indonesia, terutama tentang asal mula penamaan Indonesia. Melansir dari kanal youtube Angka & Data Channel, berikut informasi mengenai 8 nama Indonesia sebelum merdeka

BACA JUGA:7 Negara Pernah Berdiri di Indonesia, Salah Satunya Tidak Terduga

8 Nama Indonesia sebelum merdeka

1. Dwipantara

Dwipantara adalah nama pertama Indonesia di masa kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu. Nama ini tercatat dalam catatan kuno bangsa India yang menjadi tempat asal dari agama Hindu itu sendiri.

Dwipantara berasal dari dua kata bahasa Sansekerta, yaitu Dwipa yang berarti 'pulau' dan antara yang berarti 'luas atau seberang'. Karena itu, nama ini berarti 'kepulauan tanah seberang'. 

2. Nusantara

Pada tahun 1336, nama Dwipantara berubah menjadi Nusantara. Kala itu, Nusantara terkenal sebagai sumber rempah-rempah. 

Sebutan ini pertama kali digunakan pada masa Kerajaan Majapahit. Hal ini dapat terlihat jelas dalam isi Sumpah Palapa yang terucap dari Mahapatih Gajah Mada bahwa ia tidak akan melepas puasa sebelum menyatukan Nusantara.

BACA JUGA:Bagai Pinang Dibelah Dua, Ini Dia 7 Negara yang Mirip Indonesia

Sumber: https://youtu.be/mxpo6jxdame