Indah Bagaikan Surga, Ini Sungai Paling Bersih di Indonesia

Indah Bagaikan Surga, Ini Sungai Paling Bersih di Indonesia

--Youtube Jelajah Bumi

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sungai paling bersih di Indonesia ada di Sungai Kalibiru. Sungai ini berkelok-kelok membelah rimbunnya hutan. Pancaran birunya semakin mempertegas keindahan sungai ini.

Suara gemericik air yang berpadu dengan suara hutan yang khas semakin menambah pesona sungai ini. Melansir dari kanal youtube Jelajah Bumi, berikut sederet informasi mengenai Sungai Kalibiru.

BACA JUGA:Uniknya Hutan Perempuan di Kampung Enggros, Laki-Laki Harap Menjauh!

Sungai Kalibiru, surga kecil yang jatuh ke bumi

Papua memang menjanjikan alam dengan banyak keindahan yang memesona. Sungai Kalibiru menjadi salah satu yang menarik perhatian banyak orang.

Di tengah rimbunnya hutan, sebuah sungai dengan pancaran air bening kebiruan sulit untuk diabaikan keindahannya. Siapapun yang melihatnya pasti akan benar-benar terpukau dengan keindahan surga kecil ini.

Sungai Kalibiru berada di Kampung Wasandim, distrik Teluk Mayalibit, Raja Ampat, Papua Barat. Selain nama Kalibiru, beberapa warga setempat menyebut sungai ini dengan sebutan warabiar

Istilah warabiar dalam bahasa Papua berarti jernih. Warna airnya yang sebiru langit ini menyimpan sederet keistimewaan dan legendanya. 

Dasar sungai yang berisi bebatuan dan pasir bisa dilihat langsung tanpa harus menyelam. Sungai ini diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 5 m lebih. 

Adapun di beberapa bagian sungai ini kedalamannya hanya sekitar 2-3 m. Sungai ini cocok untuk berenang dan menyelam karena arus sungainya yang terbilang tenang.

Suhu air Sungai Kalibiru 

Walaupun terpapar sinar matahari, suhu air sungai hanya sekitar 10-20°C. Suhu ini terbilang sangat dingin untuk ukuran sungai-sungai di Indonesia.

Selain itu, air sungai ini juga bisa langsung diminum, loh! Jangan khawatir, sebab air sungai ini berasal dari sumber mata air pegunungan yang sangat bersih.

Muara sungai ini terbagi menjadi dua yang menjadikannya memiliki suhu yang berbeda pula. Ada yang sedingin es, dan ada pula yang hangat.

Hal ini terjadi karena sebagian sungai terpapar sinar matahari. Sementara, separuhnya lagi tertutupi pepohonan rimbun.

Orang-orang yang datang ke sini tak hanya wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara yang sengaja berkunjung sekaligus menikmati keindahan Raja Ampat lainnya.

Menariknya, meskipun telah didatangi banyak wisatawan, Sungai Kalibiru tetap terjaga keasrian dan kejernihannya. Tak heran, sungai ini menjadi sungai paling bersih di Indonesia

Aturan di Sungai Kalibiru untuk menjaga keindahannya

Peraturan ketat yang diterapkan bagi wisatawan yang datang adalah usaha untuk melestarikan sungai ini. Peraturan tersebut pada awalnya menyebutkan bahwa tidak boleh ada wisatawan yang berenang di sungai tersebut.

Namun, pada tahun 2016, terjadi sedikit perubahan aturan. Wisatawan diperbolehkan berenang dengan waktu tidak lebih dari 30 menit.

Selain itu, bagi yang ingin berenang juga tidak boleh menggunakan produk pelindung kulit seperti sunblock atau sunscreen. Serta, mereka juga tidak boleh berenang di mata air di dekat Kalibiru.

Hal ini bertujuan untuk melindungi agar kemurnian air tetap terjaga dan sebagai penghormatan kepada leluhur.

Legenda Sungai Kalibiru 

Popularitas Kalibiru juga erat dengan legenda leluhur masyarakat setempat. Bagi suku Mayalibit, Kalibiru merupakan salah satu tempat sakral.

Alkisah pada zaman dahulu, sebelum pergi berperang, para prajurit berendam di sungai agar lebih kuat untuk menaklukkan musuh.

BACA JUGA:Tradisi Unik Masyarakat Papua, Bakar Batu untuk Memasak Makanan

Selain itu, ada legenda buaya putih yang tinggal di sungai ini. Buaya tersebut akan menampakan wujudnya sebagai petunjuk jika ada masyarakat yang melanggar hukum adat.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Sungai Kalibiru, butuh waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan speedboat dari ibukota Raja Ampat, Waisai. Kemudian, wisatawan bisa melanjutkan dengan tracking ke dalam hutan selama 30 menit.

Memang, itu akan menjadi perjalanan yang melelahkan. Namun, lelahnya perjalanan tersebut akan terbayarkan ketika Anda melihat keindahan sungai terbersih ini.

Demikian informasi mengenai Sungai Kalibiru, sungai paling bersih di Indonesia. Penting bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana untuk selalu mematuhi aturan yang ada demi melestarikan keindahan dan kemurnian sungai ini.***

Sumber: youtube jelajah bumi