Begini Kemeriahan Kirab Toa Pe Kong Perayaan Sejit Kongco Ceng Gwan Cing Kun di Tegal

Begini Kemeriahan Kirab Toa Pe Kong Perayaan Sejit Kongco Ceng Gwan Cing Kun di Tegal

Petugas dan warga menggotong patung dewa dalam kirab Toa Pe Kong di Kota Tegal--

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID  - Kirab Toa Pe Kong perayaan Sejit Kongco Ceng Gwan Cing Kun yang digelar Klentheng Tek Hay Kiong Kota Tegal berlangsung meriah. Sejumlah warga bersama petugas tampak penuh keceriaan menggotong patung dewa kemakmuran itu.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 16 Juli 2023 siang itu berlangsung aman dengan pengamanan apparat Polres Tegal Kota dan gabungan. Sejumlah rute, yang mereka lalui dipadati warga yang penasaran ingin melihatnya.

Adapun rute yang peserta kirab lalui antara lain, klenteng Tek Hay Kiong-Jalan Udang-Proklamasi-Slamet Riyadi-Setiabudi-DI Panjaitan dan Ahmad Yani. Kirab kemudian berlanjut melintasi Jalan Ahmad Yani-DI. Panjaitan-Veteran-Gurami kemudian masuk kembali ke Klenteng

Sebelum pelaksanaan kirab Toa Pe Kong, warga menggelar upacara sembahyangan lebih dulu. Usai sembahyang, sejumlah tandu yang berisikan patung dewa-dewa ramai-ramai warga gotong melalui rute tersebut.

Kapolres Tegal Kota melalui Kabag Ops, Kompol Tuhirman mengatakan, untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan, pihaknya menerjunkan sejumlah personel. Itu, untuk memberikan rasa aman dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

“Kita terjunkan personel, untuk mengamankan kegiatan tersebut. Itu, untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas,”katanya.

Selain itu, kata Kabag Ops, pengamanan juga bentuk kehadiran negara di tengah-tengah kegiatan masyarakat. Utamanya, dalam mengamankan seluruh masyarakat baik yang melaksanakan kegiatan maupun yang melihatnya.

“Ini, merupakan bentuk representasi negara hadir guna memberikan pengamanan kepada seluruh masyarakat di Kota Tegal. Sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancer,”jelasnya.

Kabagops Ops menambahkan pengamanan yang pihaknya lakukan, mulai dari rangkaian kegiatan persembahyangan dan doa bersama. Kemudian pengamanan route kirab Toa Pe Kong sampai kegiatan selesai.

Kirab Toa Pe Kong tersebut, ujar Kabag Ops, juga merupakan bentuk toleransi beragama di Kota Tegal. Karenanya, pihaknya akan terus menjaganya agar masyarakat tetap merasa aman melakukan kegiatan.

"Dengan begitu kehidupan warga Kota Tegal dengan keanekaragamannya dapat berlangsung dengan damai,"pungkasnya. ***

Sumber: