7 Negara Pernah Berdiri di Indonesia, Salah Satunya Tidak Terduga

7 Negara Pernah Berdiri di Indonesia, Salah Satunya Tidak Terduga

Bendera-Bendera dari 7 Negara yang Pernah Berdiri di Indonesia--facebook.com

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia merupakan negara yang berbentuk kesatuan. Namun, ada beberapa negara yang pernah berdiri di Indonesia layaknya negara bagian seperti di Amerika Serikat. 

Ya, beberapa tahun setelah kemerdekaan, Indonesia menerapkan sistem negara federasi dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS). Dalam pemerintahan tersebut, ada 7 negara yang pernah berdiri di Indonesia

BACA JUGA:Hati-Hati! Ini 8 Kota dan Kampung Mati di Indonesia, Jangan Coba-Coba Mengunjunginya!

7 negara yang pernah berdiri di Indonesia tersebut masing-masing memiliki presiden dan bendera yang berbeda-beda. Sistem ini berdiri sejak 27 Desember 1949 dan berakhir pada 17 Agustus 1950.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa negara bagian yang pernah ada di Indonesia. Melansir dari kanal youtube Angka & Data Channel, berikut informasi mengenai 7 negara yang pernah berdiri di Indonesia

BACA JUGA:Ini 10 Provinsi Termiskin di Indonesia, Papua Masih Menduduki Posisi Pertama

7 negara yang pernah berdiri di Indonesia

1. Negara Indonesia Timur

Negara Indonesia Timur mencakup seluruh Kepulauan Maluku, Pulau Sulawesi, hingga Bali, NTB, dan NTT, dengan ibu kota Makassar. Pada awal pendiriannya, negara ini bernama Negara Timur Raya.

Negara bagian ini berdiri pada 24 Desember 1946 dan berada di bawah kepemimpinan Presiden Tjokorda Gde Raka Soekawati. Ada total 13 daerah otonom berada di bawah Negara Indonesia Timur

2. Negara Sumatera Timur

Di Pulau Sumatera, juga pernah berdiri Negara Sumatera Timur dengan ibu kota Medan dan mencakup bagian timur dari Provinsi Sumatera Utara. Negara bagian ini berada di bawah kepemimpinan Presiden Tengku Mansur. 

Negara bagian ini berdiri pada 25 Desember 1947 dengan beberapa kerajaan dan kesultanan tergabung di dalamnya. Salah satu ciri khas negara bagian ini adalah mayoritas suku yang menghuninya merupakan Suku Melayu di pantai timur Pulau Sumatera.

BACA JUGA:Unik! Kampung Sultan Ini Terletak di Tengah Hutan Tapi Sangat Mengagumkan

Sumber: https://youtube.com/shorts/oqrfufg4zxc?feature=share