Tidak Perlu ke Luar Negeri! Ini 5 Tempat Bersalju di Indonesia, Salah Satunya Ada Salju Abadi

Tidak Perlu ke Luar Negeri! Ini 5 Tempat Bersalju di Indonesia, Salah Satunya Ada Salju Abadi

--by papua.inews.id

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang hanya mempunyai dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Tetapi, apakah Anda pernah berpikir ada musim salju di Indonesia?

Indonesia memang tidak mempunyai musim salju, tetapi ternyata terdapat beberapa daerah yang menyimpan salju di Indonesia. Bahkan ada yang mempunyai salju abadi. 

Salju di Indonesia bisa terjadi karena tempat tersebut berada di daerah yang tinggi dan memiliki suhu yang sangat dingin. Suhu yang dingin menghasilkan embun es. Embun es inilah yang akhirnya membentuk salju. 

Dilansir dari kanal YouTube Angka & Data Channel, salju di Indonesia hanya ada di beberapa tempat saja dan radartegal.disway.id sudah merangkumnya untuk Anda. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini.

BACA JUGA:Unik! Ini 4 suku di Indonesia Bermata Biru Bagai Orang Eropa

5 Daerah yang Memiliki Salju di Indonesia

1. Lumajang, Jawa Timur

Lumajang terkenal dengan Danau Ranu Kumbolo yang indah, di danau ini tersimpan salju Indonesia. Salju tipis sering menghujani tempat ini. Hal ini dibuktikan dari tenda para pendaki yang tertutup salju. 

Danau ini terletak di Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl, sehingga memiliki suhu yang sangat dingin, karena suhu dingin inilah yang membuat embun beku kerap mendatangi daerah ini. Salju di Lumajang terjadi hampir setiap tahun.

2. Banjarnegara, Jawa Tengah

Banjarnegara merupakan daerah di Pulau Jawa yang menyimpan salju di Indonesia. Daerah ini terletak di dataran tinggi Dieng.

Hamparan embun es kerap menutupi dataran tinggi ini. Embun es ini yang membentuk salju di dataran tinggi Dieng.

Hal itu bisa terjadi akibat suhu yang sangat dingin terlebih di malam hari suhunya berkisar 5 hingga 0 derajat celsius. Kemunculan embun es ini disebut Bun Upas, yaitu salju tipis yang menyapu dataran tinggi Dieng dengan suhu di bawah titik beku.

BACA JUGA:10 Suku di Indonesia dengan Populasi Paling Sedikit, Penduduknya Tidak Sampai 100 Ribu Jiwa

3. Pegunungan Bintang, Papua

Selain di Pulau Jawa, ada daerah lain yang menyimpan salju Indonesia. Daerah-daerah di Pulau Papua, salah satunya Pegunungan Bintang. Pegunungan Bintang memiliki puncak yang tinggi dan terkenal di Indonesia, yaitu Puncak Mandala.

Puncak Mandala memiliki tinggi hingga mencapai 4.720 mdpl. Anda dapat melihat pemandangan salju yang indah di atas ketinggian Pegunungan Bintang. Puncak ini terselimuti oleh salju, hal ini terjadi karena daerahnya yang tinggi dan udara yang sangat dingin menyebabkan pembentukan embun hingga membeku dan membentuk salju.

Namun, salju di puncak Mandala ini perlahan mulai menipis, hal itu sebagai akibat dari pemanasan global yang ada di bumi. 

4. Puncak Jaya, Papua Tengah

Kabupaten Puncak Jaya dikelilingi oleh pegunungan tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya Wijaya. Puncak Jaya Wijaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 mdpl.

Letaknya yang sangat tinggi membuat suhu di Puncak Jaya menjadi sangat dingin, yaitu pada siang hari mencapai 15 derajat celsius dan pada malam hari bisa mencapai 5 derajat celsius.

Hal ini membuat Puncak Jaya dinobatkan sebagai daerah terdingin di Indonesia dan Salju di Puncak Jaya Wijaya ini disebut sebagai salju abadi di Indonesia.

Namun, salju di Puncak Jaya Wijaya terancam punah karena melelehnya lapisan es di permukaan bumi. Setiap tahun salju di Puncak Jaya Wijaya meleleh dengan rata-rata kedalaman 2 meter.

5. Mimika, Papua Tengah

Mimika dikelilingi oleh dua gunung yang menyimpan salju Indonesia, yaitu Gunung Sumantri yang memiliki ketinggian 4.870 mdpl dan Gunung Carstensz Timur yang memiliki ketinggian 4.840 mdpl. Kedua gunung yang terletak di Mimika ini diselimuti oleh salju abadi yang indah.

Demikian, informasi mengenai daerah yang memiliki salju di Indonesia. Jadi, sekarang Anda tidak perlu ke luar negeri hanya untuk bermain salju, cukup datang ke salah satu daerah itu saja. Semoga bermanfaat.***

Sumber: youtube/angka & data channel