Ini 5 Desa Tertinggi di Indonesia, Sebagian Besar Ada di Pulau Jawa, Loh

Ini 5 Desa Tertinggi di Indonesia, Sebagian Besar Ada di Pulau Jawa, Loh

--by visitlumajang.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Apakah Anda tahu? Indonesia memiliki desa dengan ketinggian yang fantastis, loh. Desa-desa ini terletak di daerah pegunungan, sehingga tidak heran desa ini berada di ketinggian yang tidak biasa dan dinobatkan menjadi desa tertinggi di Indonesia.

Sebagian besar desa tertinggi di Indonesia ini berada di Pulau Jawa. Letaknya yang di daerah pegunungan, membuat desa ini sering menjadi titik awal pendakian para pendaki gunung.

Desa ini tidak hanya tinggi, tetapi memiliki pemandangan yang indah. Anda bisa melihat pemandangan gunung yang indah dan berburu sunset yang sangat cantik ketika berkunjung ke desa tertinggi di Indonesia ini.

Anda pasti penasaran desa mana saja yang menjadi desa tertinggi di Indonesia, langsung saja Anda simak artikel berikut ini.

BACA JUGA:Kenal Lebih Dekat dengan Suku Baduy yang Belum Tersentuh Teknologi dan Masih Mempertahankan Budaya Asli

5 desa tertinggi di Indonesia 

1. Desa Hargo Dalem

Desa Hargo Dalem berada di kawasan Gunung Lawu, tepatnya terletak di Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Desa ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Para pendaki yang akan mendaki Gunung Lawu selalu melewati desa ini.

Para pendaki pasti sangat mengenal desa ini, karena desa ini merupakan tempat Warung Pecel Mbok Yem, warung yang sering dikunjungi pendaki Gunung Lawu ketika beristirahat. 

2. Distrik Mulia

Distrik Mulia berada di ketinggian 2.448 mdpl. Letaknya ada di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Desa ini menjadi titik awal pendaki untuk menuju puncak Jaya Wijaya. Desa ini juga menjadi tempat sebuah bandara, yaitu Bandara Mulia.

Distrik Mulia dinobatkan menjadi daerah terdingin di Indonesia. Suhu Distrik Mulia saat siang hari sekitar 15 derajat celsius, sedangkan saat malam hari mencapai 9 derajat celsius. 

BACA JUGA:Unik! Desa di Indonesia Tempat Tinggal Suku Ini Gunakan Aksara Korea sebagai Aksara Resminya

3. Desa Sembungan

Desa Sembungan berada di kaki Gunung Sikunir di dataran tinggi Dieng, tepatnya di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa ini memiliki ketinggian 2.300 mdpl.

Banyak orang mengunjungi desa ini untuk berburu golden sunrise. Orang-orang rela bangun pagi dan menempuh jalur yang sulit hanya untuk menyaksikan keindahan matahari terbit yang berwarna keemasan ini. 

4. Desa Ranupani

Desa Ranupani berada di ketinggian 2.100 mdpl. Letaknya berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa ini menjadi titik terakhir bagi para pendaki yang menuju Gunung Semeru.

Desa Ranupani ini dikembangkan menjadi desa wisata, sehingga Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di desa ini, seperti berkuda, mengunjungi rumah budaya, dan berkendara dengan jeep. Anda juga bisa melihat pemandangan gunung dan danau yang indah di desa ini.

5. Desa Argosari

Desa Argosari terletak di kawasan Gunung Bromo, tepatnya di Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Desa ini berada di ketinggian 2000 mdpl. Pendaki bisa melihat Gunung Bromo dan gunung lainnya di desa ini.

Desa ini terkenal dengan sebutan puncak B29. Desa ini juga terkenal sebagai negeri di atas awan, karena Anda dapat melihat keindahan awan di puncak B29 ini.

Itulah, 5 desa tertinggi di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Sempatkan mampir untuk melihat pesona keindahan alam yang ditawarkan desa-desa ini. Semoga bermanfaat.***

 

Sumber: youtube/w&a education channel