Ini Dia 2 Desa Terindah di Indonesia, Dua-duanya Termasuk yang Terindah di Dunia

Ini Dia 2 Desa Terindah di Indonesia, Dua-duanya Termasuk yang Terindah di Dunia

-Alicia Atkins-pinterest.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Tidak mengherankan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam dan budaya. Desa Panglipuran dan Desa Pariangan merupakan 2 desa terindah di Indonesia yang masuk ke dalam 10 desa terindah di dunia.

Dua desa ini menempati posisi ke-4 dan ke-8 di dunia. Hal ini dilansir dari kanal youtube Pojok Kidul.

Keindahan alam merupakan sesuatu yang disajikan oleh alam itu sendiri yang patut kita jaga dan lestarikan. Termasuk 2 desa terindah di Indonesia yang termasuk 10 desa terindah di dunia

BACA JUGA:Ternyata Desa Terbersih di Dunia Ada di Indonesia! Ini Pesona Desa Adat Penglipuran yang Jarang Orang Ketahui

2 Desa Terindah di Indonesia 

1. Desa Penglipuran, Bali

Desa Penglipuran merupakan desa adat yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali. Letak desa ini berada di ketinggian sekitar 600 – 700 di atas permukaan laut. Hal inilah yang membuat udara di sekitar desa ini terasa sejuk. 

Pemukiman tradisional terletak tak jauh dari Kintaman ini tak hanya terkenal karena keindahannya. Penglipuran juga disebut-sebut sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Meskipun Desa Penglipuran merupakan kawasan wisata yang sangat populer, desa ini tetap bisa mempertahankan sisi tradisional dan kelestarian lingkungannya. 

Penataan desa dan bangunan tradisionalnya masih terjaga utuh. Hal unik terkait bangunan rumah di desa ini adalah semua rumah warga seragam atau sama persis. Konon katanya, apabila ada satu penduduk yang mengubah bagian rumahnya, dia akan ditegur oleh kepala adat di sana.

Begitu juga dengan 75 hektar hutan bambu dan 10 hektar vegetasi yang masih terawat. Bahkan, hal inilah yang menjadi ciri khas penglipuran di mata dunia. 

Sepanjang jalan di desa ini, Anda akan menemukan banyak toko yang menjual cinderamata, toko pakaian, hingga restoran. 

2. Desa Pariangan, Sumatera Barat  

Desa pariangan merupakan sebuah pemukiman tradisional Minangkabau. Letaknya di tanah datar, Sumatera Barat. Tepatnya di Lereng Gunung Marapi. Desa ini terletak di dataran yang cukup tinggi dan dikelilingi hamparan hijau terasering sawah. Hal itulah yang membuat desa ini termasuk dalam salah satu desa terindah di dunia. 

Selain itu, daya tarik utama desa ini adalah arsitektur rumah-rumahnya yang masih konvensional. Rumah-rumah di sana tersusun rapi mengikuti pola lereng gunung. Bentuk rumah di sana terlihat atap gonjong yang runcing dengan motif-motif khas Minang. 

Sumber: https://youtube.com/@pojokkidul