Kereen! Mahasiswa IBN Tegal Dikirim ke Batam untuk Program PPL

Kereen! Mahasiswa IBN Tegal Dikirim ke Batam untuk Program PPL

Inilah para mahasiswa IBN Tegal yang hendak melaksanakan Program PPL di Batam, Kepri.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal dikirim ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri). 

Para mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakuktas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini, akan melaksanakan Program PPL Terintegrasi di Batam hingga Oktober 2023 mendatang.

Para mahasiswa ini dilepas langsung oleh Rektor IBN Tegal Dr Saepudin, Jumat 7 Juli 2023.

Dr Saepudin menyebut, kegiatan itu merupakan program Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi yaitu IBN Tegal dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang. Yang bekerja sama dengan Insan Cita Daycare, Batam Kepulauan Riau.

BACA JUGA:Mahasiswa Harus Tahu Ini: 5 AI yang Bisa Mempermudah Kamu Dalam Mengerjakan Tugas Kuiah

Menurut Dr Saepudin, para mahasiswa di sana akan melaksanakan tugas akademik praktik mengajar di lembaga PAUD. Serta melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

''Saat ini IBN Tegal sedang membuat formula program PPL-KKN Integratif baik Luar Negeri maupun Luar Provinsi Dalam Negeri, sebagai bagian dari proses IBN Tegal mengepakkan sayap ke mancanegara,'' kata Dr Saepudin.

Dia mengungkapkan, kegiatan PPL dan KKN itu merupakan kali pertama dilakukan di IBN Tegal. 

Pihaknya juga sudah merencanakan kolaborasi bukan hanya antar pulau tetapi juga antar negara seperti Thailand, Malaysia atau bahkan Eropa.

BACA JUGA:Bahas soal Nikah Siri, Wakil Rektor III IBN Tegal Dipromosikan Doktor

Dalam kolaborasi internasional antar perguruan tinggi pihaknya sudah serius dengan cara memperbesar jaringan. Dan tentu menyiapkan mahasiswa atau dosennya fasih berbahasa arab dan inggris.

Di dalam forum yang sama, pembekalan dari Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Moh Shobirin juga memberi pesan bahwa Mahasiswa PIAUD yang akan mengabdikan dirinya lewat PPL dan KKN di Batam harus bisa menjaga attitude atau akhlak yang baik.

''Karena apa yang baik di Tegal belum tentu baik di Batam. Begitu pula sebaliknya. Karena Islam memerintahkan untuk menjaga satu sama lain dalam hal pergaulan untuk saling menghormati,'' tukasnya. *

Sumber: