Cegah Pelanggaran Pada Anggota, Si Propam Perketat Kedisiplinan Personel Polres Tegal

Cegah Pelanggaran Pada Anggota, Si Propam Perketat Kedisiplinan Personel Polres Tegal

SIDAK- Si Propam melakukan sidak anggota Polres Tegal Kota, Rabu, 5 Juli 2023.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID- Mencegah pelanggaran pada anggota, Seksi Profesi dan Pengamanan (Si Propam) memperketat kedisiplinan pada personel Polres Tegal Kota.

Rabu, 5 Juli 2023, Si Propam melakukan sidak anggota Polres Tegal Kota terhadap personel Polres Tegal Kota. Selain menyasar pada anggota Polri, ASN juga ikut kena sidak. 

“Sebab, seluruh personel Polri termasuk ASN, harus siap diri dan tertib sebelum melakukan tugasnya untuk menuju Polri yang Presisi,”ujar Kasi Propam IPTU Bambang Gatot, SH.

Iptu Bambang menegaskan, selain sidak anggota, pihaknya juga sudah mensosialisasikan Peraturan Kepolisian Nomor 07 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman tentang norma atau aturan moral baik tertulis maupun tidak tertulis yang menjadi pedoman sikap, perilaku dan perbuatan setiap anggota.

“Kami tekankan kepada anggota untuk menghindari segala bentuk perilaku menyimpang. Utamanya, yang dapat merugikan diri sendiri dan mencoreng nama baik Institusi Kepolisian,”ujarnya.

BACA JUGA:Heboh! Tiga Akun Medsos Divisi Propam Polri Mendadak Lenyap

Iptu Bambang menegaskan, kegiatan sosialisasi tersebut, sudah mereka lakukan hingga menyasar anggota di Polsek-polsek jajaran. Tujuannya, agar mereka dapat memahami aturan dan Kode etik selama menjalankan tugas.

“Kita sudah mendatangi ke Polsek-polsek jajaran untuk mensosialisasikan aturan tersebut. Harapannya, setiap anggota bisa memahami aturan dan etika profesi yang berlaku agar mencegah terjadinya pelanggaran oleh anggota,”tandasnya.

Sidak anggota sendiri bertujuan untuk memperkuat dan memperketat kedisiplinan. Serta demi ketertiban anggota Polres Tegal Kota.

Selain itu, kata Iptu Bambang, sidak anggota juga merupakan bentuk pengawasan. Terlebih, pada peringatan hari ulang tahun Bhayangkara ke-77 tahun ini.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengawasan kepada anggota, utamanya saat ini dalam rangka hari ulang tahun Bhayangkara,”ujarnya.

BACA JUGA:Meski Dicopot sebagai Kadiv Propam, Ferdy Sambo Ternyata Masih Punya Jabatan Penting di Mabes Polri

Melalui kegiatan itu, ujar Iptu Bambang, pihaknya berharap agar seluruh anggota bisa disiplin. Sebelum melaksanakan tugasnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Selanjutnya, imbuh Iptu Bambang, pihaknya mengingatkan kepada seluruh personel selama bertugas untuk tetap merujuk pada aturan dan etika profesi Polri. Itu, guna mencegah dan meminimalisir pelanggaran sekecil apapun.

Sumber: