Akses ke Dieng Terhambat, Jalur Tol Kayangan Bawang Longsor di Dukuh Bintoromulyo

Akses ke Dieng Terhambat, Jalur Tol Kayangan Bawang Longsor di Dukuh Bintoromulyo

LONGSOR - Inilah jalur Tol kayangan akses Bawang-Dieng yang mengalami longsor, yakni di Dukuh Bintoromulyo Desa Pranten.-RADAR PEKALONGAN-

BATANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID- Pengguna jalan yang berencana berwisata ke Dieng melewati jalur Tol Kayangan nampaknya harus ekstra hati-hati. Sejak Juni lalu, akses jalan menuju wisata Dieng itu mengalami longsor.

"Tanah longsor mengikis badan jalan, dengan panjang sekitar 10 meter dan kedalaman sekitar 3-4 meter," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi, Selasa, 4 Juli 2023.

Karenanya, pengguna jalan yang akan pergi ke Dieng melalui jalur Deles Kecamatan Bawang perlu memperhatikan hal ini. Salah satu titik di akses Tol Kayangan yang mengalami longsor berada di Dukuh Bintoromulyo Desa Pranten Kecamatan Bawang.

Peristiwa tanah longsor itu terjadi di sekitar Bukit Sipudang, yang mengakibatkan tergerusnya badan jalan.

"Kami sudah meninjau dan merapatkannya. Adapun untuk penanganan daruratnya, kami akan menggelar kerja bakti pada Rabu, 5 Juli 2023 hari ini," jelasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang mengimbau agar masyarakat yang akan melintasi jalur tersebut untuk berhati hati. 

BACA JUGA:Longsor, Komisi III DPRD Kabupaten Tegal Minta Talut Sungai di Desa Dukuhwaru Dibronjong

Peristiwa tanah longsor itu, kata dia, telah disampaikan oleh Pemerintah Desa Pranten. BPBD bersama sejumlah instansi terkait akan melakukan rencana aksi penanganan daerah rawan kecelakaan dan longsor di sepanjang ruas Jalan Kabupaten Deles - Sigemplong masuk Desa Pranten Kecamatan Bawang.

"Pada aksi kerja bakti ini kami akan pasang bambu dan talut dari karung yang diisi tanah pada lokasi longsor," katanya mengutip dari Radar Pekalongan.

Pantauan di lapangan, jalur tersebut masih ramai dilalui oleh  pengendara dari daerah sekitar maupun luar yang akan menuju ataupun dari wisata Dieng, Banjarnegara. ***

Sumber: