Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Cara Mudah, Berikut Rumusnya

Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Cara Mudah, Berikut Rumusnya

Ilustrasi Menimbang Berat Badan--

TEGAL, radartegal.disway.id - Berat badan yang dimiliki oleh setiap orang tentu berbeda. Kebanyakan orang sangat menjaga berat badan masing-masing, utamanya berat badan ideal, yang sangat diimpikannya.

Keinginan orang-orang yang ingin memiliki berat badan ideal, justru mereka mementingkan kesehatan tubuh yang seimbang. Mereka lebih mengacu pada kesehatan, yang mana jika mereka memiliki berat badan yang lebih akan mengakibatkan obesitas dalam kesehatan.

Tidak hanya kelebihan berat badan, tetapi juga jika kalian terlalu kurus atau ringan, hal ini juga akan mempengaruhi kesehatan kalian. Badan yang terlalu kurus diakibatkan kekurangan nutrisi yang menurukan sistem imun tubuh.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Salah satu rumus yang bisa mengetahui berat badan Anda dengan maksimal dan mengetahui ideal atau tidak. Rumus itu yaitu Rumus Broca yang telah ditemukan oleh ilmuan Paul Broca. Cara menghitung berat badan ideal menurut Paul Broca ini berbeda pada wanita dan pria. Karena adanya perbedaan komposisi tubuh yang berbeda.

Berikut rumus broca yang bisa Anda gunakan, rumus ini sangat mudah Anda hitung dengan berat badan Anda.

  • Rumus Berat Badan Wanita = (tinggi badan - 100)-[(tinggi badan -100) x 15%]
  • Rumus Berat Badan Pria = (tinggi badan - 100)-[(tinggi badan -100) x 10%]

Contoh perhitungan untuk wanita, jika Anda memiliki tinggi badan 160 sentimeter. Berikut cara menghitungnya (160-100)-[(160-100)x15%] = 51. Jadi berat badan idealnya adalah 51 kilogram.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

BMI atau yang sering disebut Body Mass Index yaitu cara hitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Cara ini berbeda dengan perhitungan sebelumnya, BMI memiliki perbedaan dengan usia.

Sebelum mencoba menghitung dengan kalkulator BMI, pastikan mengetahui rincian perhitungan ini:

  • BMI normal kisaran 18,5 - 25
  • Angka BMI melebihi 25, berarti berat badan Anda berlebih
  • Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18, berarti berat badan Anda kurang.

Perlu diperhatikan jika angka BMI Anda melebihi angka 40, sebaiknya lakukan penanganan secepatnya sebab hal ini menunjukan tanda bahaya.

Cara menghitungnya >> Berat Badan Ideal (kilogram) : Tinggi Badan (meter)

Contohnya, jika Anda memiliki berat badan 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI Anda adalah 47:(1,63)= 17.8. Angka tersebut berarti berat badan Anda termasuk di bawah rata-rata.

Demikian beberapa cara menghitung berat badan ideal yang bisa Anda gunakan. Semoga artikel ini bemanfaat.***

Sumber: