Banyak Janda di Kabupaten Tegal, Bapemperda DPRD Gercep Usulkan Perda Pembangunan Ketahanan Keluarga

Banyak Janda di Kabupaten Tegal, Bapemperda DPRD Gercep Usulkan Perda Pembangunan Ketahanan Keluarga

ILUSTRASI - Banyak Janda di Kabupaten Tegal, Bapemperda DPRD Gercep Usulkan Perda Pembangunan Ketahanan Keluarga.-Conmongt-pixabay

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Banyak Janda di Kabupaten Tegal, Bapemperda gerak cepat (gercep) usulkan Perda Inisiatif tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Ya, bagi kamu para jomblo atau duren (duda keren), tenang! Kamu bisa ke Kabupaten Tegal untuk mencari pendamping hidup.

Mengapa begitu? Karena di Kabupaten Tegal saat ini banyak kaum Hawa yang ditinggal suaminya karena perceraian.

Diketahui, angka perceraian di Kabupaten Tegal sangat tinggi, sampai-sampai nangkring di urutan ke-5 se Jawa Tengah (Jateng).

BACA JUGA:Bukan Suami, Tapi Istri Gugat Cerai! Angka Perceraian di Kabupaten Pekalongan Naik 200 Persen

Di Jateng terdapat 35 kota / kabupaten. Dan Kabupaten Tegal masuk dalam lima besar daerah dengan angka perceraian keluarga tertinggi.

Prihatin dengan itu, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) gerak cepat mengusulkan Perda Inisiatif tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga.

"Usulan draft raperda ini karena kita prihatin angka perceraian di Kabupaten Tegal sangat tinggi. Bahkan saat ini rangking ke lima di Jateng," kata Anggota Bapemperda DPRD Kabupaten Tegal Bakhrun, Minggu, 2 Juli 2023.

Menurut Bakhrun, Perda Inisiatif tentang Ketahanan Keluarga, tidak hanya untuk menekan tingginga angka perceraian di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Para Jomblo Simak Ini! Dalam 12 Bulan Ada 3.574 Janda Baru di Kabupaten Tegal

Namun juga untuk mengerek indeks kebanggaan keluarga di Kabupaten Tegal yang rendah, di bawah rata-rata Jateng. 

Termasuk juga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih di angka tiga poin di bawah rata-rata Jateng. 

“Pertimbangannya sosiologis, yaitu karena angka perceraian, indeks kebanggaan keluarga, IPM, dan stunting juga termasuk di dalamnya,” katanya.

Lebih jauh Bakhrun mengungkapkan, salah satu dasar usulan draft Raperda Pembangunan Ketahanan Keluarga juga meihat angka pernikahan dini. Di mana Kabupaten Tegal juga masih tinggi angka pernikahan dininya.

Sumber: