Sehari Bisa 200 Orang per Hari, Pengunjung Gedung Perpustakaan Daerah Brebes Naik Signifikan

Sehari Bisa 200 Orang per Hari, Pengunjung Gedung Perpustakaan Daerah Brebes Naik Signifikan

--

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sehari bisa 200 orang per hari, pengunjung Gedung Perpustakaan Daerah Brebes mengalami kenaikan signifikan. Hal ini sesuai klaim Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Brebes.

Salah seorang pengunjung perpustakaan, Aida Itsnaini Azzahra bersama dua rekannya yakni Alzena Almaera Arifin dan Fatimah Nur Azizah mengaku baru tiga kali ini ke perpustakaan. Dia datang ke perpustakaan mengisi waktu libur sekolah.

“Baru tiga kali. Ini sama teman-teman baca-baca buku cerita dan lainnya,” ungkapnya.

“Sepi-sepinya pengunjung itu minimal 200-an pengunjung datang ke perpustakaan daerah. Ini jelas alami kenaikan,” ujar Kabid Perpustakaan Dinarpus Kabupaten Brebes Neli Silfiah, Selasa 27 Juni 2023.

Meski begitu, ada beberapa kendala yang dihadapi. Salah satunya, terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada saat ini masih sedikit.

“Untuk SDM Pustakawan saat ini ada enam orang. Dan jumlah itu masih sangat kurang. Jadi, kami berharap ke depan jumlah SDM akan ada penambahan,” tukasnya.

BACA JUGA:Gedung Perpustakaan Soekarno-Hatta Tegal Mangkrak, Dinas Perpustakaan Harap Pembangunan Dilanjutkan

Menurutnya, semenjak menempati gedung baru, minat pengunjung ke perpustakaan cukup banyak. Di mana, di gedung lama itu paling banyak 30 pengujung perhari.

Namun, semenjak ada gedung baru minimal 200-an pengunjung. Hal ini tidak terlepas dari berbagai fasilitas bisa dimanfaatkan oleh para pengujung. 

Di antaranya, pengunjung bisa pinjam buku selama 7 hari secara gratis. Bioskop mini, ruang diskusi, ruang referensi serta aula serta ruang layanan untuk anak.

“Jika pengunjung tidak bisa datang ke perpustakaan, bisa memanfaatkan layanan perpustakaan online. Yaitu, lewat aplikasi epusda dan Ibrebes yang bisa di-download di Playstore,” jelasnya.

Dia berharap, ke depan jumlah pengunjung ke perpustakaan daerah bisa terus bertambah. Berbagai, upaya juga telah dilakukan pihaknya dalam meningkatkan pengunjung perpustakaan.

“Selain fasilitas yang terus dilengkapi, kami juga telah melakukan sosialisasi lewat perpustakaan keliling yang ada,” terangnya. ***

Sumber: