3 Tips Yang Membantu Anda Mengatasi Sakit Gigi Berlubang, Nomor 1 Bisa Dilakukan Di Rumah!

3 Tips Yang Membantu Anda Mengatasi Sakit Gigi Berlubang, Nomor 1 Bisa Dilakukan Di Rumah!

3 Tips yang Membantu Anda Mengatasi Sakit Gigi Berlubang--

Tegal, radartegal.disway.id - Membahas beberapa tips mengatasi masalah gigi berlubang, mudah dan anti ribet.

Sakit gigi berlubang seringkali menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Agar bisa mengatasi masalah ini, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Namun, sementara menunggu kunjungan ke dokter gigi, sebenarnya terdapat beberapa cara efektif yang dapat meredakan nyeri pada gigi.

Biasanya gigi yang berlubang timbul akibat dari plak gigi yang secara terus menerus mengikis lapisan terluar. Plak sendiri timbul dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut kita, akibatnya sisa makanan bercampur dengan kuman sehingga menjadi asam, hal ini bisa terjadi jikalau tidak rutin menggosok gigi.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan timbul yang namanya gigi berlubang, yang pada akhirnya akan meninggalkan rasa nyeri yang semakin lama akan semakin parah, sampai bisa menyebabkan infeksi bahkan penanggalan gigi.

BACA JUGA:Simak Penyebab Kanker Serviks Mulai Gejala Hingga Pencegahannya

Nah bagi kalian yang ingin mengatasi masalah nyeri pada gigi kalian yang berlubang, kalian bisa simak artikel ini terus.

Tips mengatasi mengatasi masalah gigi berlubang mudah dan anti ribet:

1. Kumur air garam

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur air garam, nah berkumur air garam sendiri merupakan langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri pada gigi. Air garam dalam hal ini dapat membantu membasmi kuman yang menyebabkan infeksi, serta dapat berfungsi sebagai pelonggar partikel makanan dan kotoran yang masih menyangkut pada sela-sela gigi.

Adapula manfaat lain dari berkumur air garam, salh satunya dapat menekan terjadinya peradangan gusi. Nah untuk membuat air kumur garam sendiri cukup mudah, anda hanya harus menyiapkan gelas berisi air hangat kemudian siapkan garam dapur 1/2 sendok teh, setelah itu tinggal masukan garam kedalam gelas lalu aduk hingga rata.

2. Kompres area nyeri dengan kompres dingin

Kemudian tips selanjutnya dalam mengatasi masalah sakit gigi, ialah dengan mengompres area yang nyeri dengan kompres dingin. Dengan melakukan kompres di area yang nyeri selama kurang lebih 20 menit, dapat meredakan rasa sakit dari nyeri. Fungsi dari kompres sendiri adalah membuat area nyeri kebas sehingga dapat meredakan rasa sakit.

Nah kompres dingin yang bisa anda gunakana bisa beragam, anda bisa meredam handuk dengan air es selama 5 menit, atau anda bisa menggunakan ice gel. Perlu diingat, sebaiknya jangan menempelkan es langsung ke area yang nyeri, karena bisa mengakibatkan cidera pada kulit.

3. Pakai teh celup

Sumber: