Tahun Ajaran Baru, SMP Negeri 2 Brebes Kebanjiran Pendaftar

Tahun Ajaran Baru, SMP Negeri 2 Brebes Kebanjiran Pendaftar

RAPAT - Kepala SMP Negeri 2 Brebes (kiri depan) saat rapat dengan panitia terkait PPDB. -Istimewa-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Tahun Ajaran Baru kali ini, SMP Negeri 2 Brebes kebanjiran pendaftar. Dari 325 kuota yang akan diterima, sudah 563 anak yang mendaftarkan dirinya di sekolah tersebut.

“Kalau data sementara yang saya terima, total sudah ada 563 anak yang mendaftar di SMP N 2 Brebes. Padahal, siswa yang kami terima hanya 325 siswa,” ungkap Kepala SMP Negeri 2 Brebes Idi Fitriyadi, Selasa, 20 Juni 2023.

Menurutnya, penerimaan siswa baru di Brebes sudah dibuka sejak 19 Juni 2023 hingga 22 Juni mendatang. 

Idi Fitriyadi mengatakan, tahun ajaran baru 2023/2024 ini pihaknya membuka 11 rombongan belajar (rombel). 11 rombel itu terdiri dari 10 kelas reguler dan satu Kelas Khusus Olahraga (KKO).

“Total kami ada 11 rombel untuk di tahun ajaran 2023/2024 ini,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon genggamnya.

Idi menyebutkan, data dari panitia PPDB menyebutkan total sudah ada 563 calon siswa baru yang mendaftar ke SMP N 2 Brebes. Jumlah tersebut, kata dia, bisa bertambah lantaran jadwal PPDB masih berlangsung.

Dia menegaskan, dalam proses PPDB tidak dipungut biaya alias gratis. 

“Sesuai instruksi, dalam PPDB kami tidak memungut biaya apapun, alias gratis,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini ada 45 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Brebes yang melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini secara online.

Data tersebut dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes. Dari total 156 SMP Negeri di Brebes, total baru 45 sekolah atau 40 persen yang melaksanakan PPDB online.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dindikpora Brebes mengatakan, pelaksanaan PPDB semua jenjang pendidikan dasar baik PAUD, KB-TK, SD dan SMP mulai berlangsung 19-22 Juni. Untuk jenjang SMP, PPDB dilakukan secara online dan offline.

“Dari total 156 SMP, baik negeri maupun swasta. Tercatat, baru 45 SMP negeri yang menggelar penerimaan siswa baru secara online. Sisanya masih menerapkan PPDB offline,” ungkapnya di sela-sela tinjauan ke SMPN 3 Brebes, Senin 19 Juni 2023.

Mekanismenya, kata dia, PPDB offline maupun online tergantung pada kesiapan sekolah. Sebab, ketersediaan sarpras dan fasilitas yang sudah mumpuni secara SDM dan piranti baru 45 sekolah. Sisanya, masih menerima PPDB offline yang nantinya tetap akan diinput pihak sekolah.

“Kategori PPDB SMP, baik online maupun offline masih mengandalkan zonasi 70 persen. Kemudian, 15 persen jalur afirmasi dan sisanya 15 persen untuk jalur prestasi,” jelasnya.

Sumber: