Penuhi Unsur Tri Darma Perguruan Tinggi, 17 Dosen IBN Tegal Dapat Bantuan Hibah

Penuhi Unsur Tri Darma Perguruan Tinggi, 17 Dosen IBN Tegal Dapat Bantuan Hibah

MENILAI - Tim seleksi sedang menilai penelitian proposal para dosen IBN Tegal, Kamis, 15 Juni 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebanyak 17 dosen Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal mendapat bantuan hibah. Bantuan hibah dari IBN Tegal itu, untuk memenuhi unsur Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni penelitian. 

Rektor IBN Tegal Dr Saepudin MA yang juga tim reviewer seleksi proposal dosen sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Baginya ini kemajuan yang luar biasa di IBN Tegal.

Dia menyebut, Program Bantuan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2022-2023, diawali dengan seleksi hibah penelitian yang diikuti sebanyak 26 dosen.

Seleksi itu dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian, Penerbitan, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) IBN Tegal. 

“Tradisi akademik ini sudah semestinya kita dukung,” kata Saepudin, Kamis, 15 Juni 2023.

BACA JUGA:Rayakan HUT ke-7, Stapala IBN Tegal Gelar Orienteering Competition

Adapun tim penilai proposal penelitian itu, salah satunya yakni Rektor IBN yang sudah sesuai dengan golongannya. 

"Kegiatan penilitian ini sangat bermanfaat bagi pribadi dosen maupun institusi," imbuh Saepudin.

Kepala LP3M IBN Tegal H Itmam Aulia Rakhman Lc MSI mengatakan, proses seleksi proposal dosen ini melalui tiga tahapan. Tahap pertama seleksi administrasi dengan similarity, review substansi proposal dan seminar proposal.

"Tiga tahapan ini menyatu dan tidak bisa dipisahkan. Artinya, semua unsur penilaian harus melewati passing grade yang telah ditentukan tim,” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Zaki Mubarok, MSI yang juga sebagai tim reviewer berharap penelitian ini tidak sekedar menggugurkan kewajiban saja. Lebih dari itu, penelitian ini diharapkan memberikan dampak praktis kepada masyarakat dan IBN.

“Tema-temanya memenuhi unsur uniqueness dan menyentuh kebutuhan masyarakat dan lembaga. Ini keren,” ujarnya. 

Zaki berharap dari penelitian ini akan lahir laporan penelitian, sertifikat E-Hak Cipta, artikel jurnal dan buku ber-ISBN. Dari 26 Proposal yang submit pada system penelitian IBN, dinyatakan 17 proposal yang layak didanai dan melanjutkan proses penelitian. ***

Sumber: