Mulai Hari Ini, Boleh Naik KA Tanpa Masker Loh! Tapi Harus Ingat Ini

Mulai Hari Ini, Boleh Naik KA Tanpa Masker Loh! Tapi Harus Ingat Ini

Instagram.com/putriprmdna-Tangkapan Layar-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Ini kabar baik buat kamu yang kerap menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA). Karena sekarang, naik kereta api jarak jauh dan lokal, boleh tidak mengenakan masker. 

Mulai hari ini, Senin 12 Juni 2023, pelanggan Kereta Api jarak jauh dan lokal boleh tidak menggunakan masker. Tentunya apabila penumpang dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Namun, PT KAI menganjurkan kepada penumpang untuk melakukan beberapa hal sebelum melakukan perjalanan.

Hal itu, sebagai upaya untuk mengantisipasi merebaknya kembali Covid-19 yang cukup berbahaya. PT KAI juga tetap mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan booster kedua bagi penumpang.

Meski PT KAI melakukan relaksasi penggunaan masker, ada beberapa anjuran bagi penumpang sebelum dan saat melakukan perjalanan. Selain  mengimbau penumpang tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat, penumpang boleh tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19. 

BACA JUGA:Asyik Nih! Mulai Juli, 3 Bulan Sebelum Keberangkatan Sudah Bisa Pesan Tiket KA

Bagi yang tidak sehat atau beresiko, PT KAI menganjurkan penumpang tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik. Selain itu tetap membawa hand sanitizer dan/atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala. 

Terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan. 

Bagi orang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19 PT KAI menganjurkan agar menjaga jarak atau menghindari kerumunan. Hal itu, untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Terakhir, tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk memonitor kesehatan pribadi.

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang Ixfan Widiantoko mengatakan hal itu sesuai dengan penyampaian VP Public Relations KAI Joni Martinus. PT KAI senantiasa mendukung kebijakan pemerintah untuk perjalanan pada masa transisi endemi Covid-19.

“Kalau dalam kondisi sehat dan tidak beresiko tertular atau tertularkan penumpang boleh tidak mengenakan masker. Kebijakan ini untuk kereta api jarak jauh dan lokal,”kata Ixfan.

Namun, kata Ixfan, KAI menganjurkan pelanggan melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat. Utamanya bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

Sumber: