Berada di Jalan Pantura Kabupaten Tegal, Rumah Sakit Ini Prioritaskan Lansia

Berada di Jalan Pantura Kabupaten Tegal, Rumah Sakit Ini Prioritaskan Lansia

MELAYANI - Seorang petugas RSUD Suradadi sedang melayani pasien lansia, kemarin.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SURADADI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebagai salah satu rumah sakit baru, rumah sakit Umum Daerah (RSUD) SURADADI Kabupaten Tegal terus berinovasi. RSUD yang berlokasi di tepi Jalan Pantura, Desa Sidaharja, Kecamatan SURADADI Kabupaten Tegal itu kembali meluncurkan inovasi terbarunya.

Yaitu, memberikan layanan prioritas terhadap pasien Geriatri atau Lansia.

"Ini merupakan bentuk inovasi kami dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pelayanan yang berorientasi kepada pelanggan," kata Direktur RSUD Suradadi dr A. Hofur M.Kes, Minggu, 11 Juni 2023.

Dia menjelaskan, kriteria Lansia yang mendapatkan layanan prioritas yakni, berusia di atas 60 tahun, memiliki lebih dari 2 penyakit (multi-patologik), memiliki sindrom geriatri, memiliki tampilan gejala yang tidak khas dan menurunnya fungsi fisik atau kognitif.

Diharapkan, inovasi ini bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Sehingga pengunjung akan merasa puas dan terbantu. 

"Dengan begitu, kualitas kesehatan pasien dan kualitas pelayanan akan meningkat," ujarnya.

BACA JUGA:MANTAP JIWA! RSUD Suradadi Tegal Beri Layananan Pemeriksaan Mata Gratis

Dia mengemukakan, visi RSUD Suradadi adalah, Menjadi Rumah Sakit Pilihan Utama Masyarakat dengan Layanan Unggulan Traumatik dan Rehabilitasi Medik.

Sedangkan misinya, meningkatkan kinerja pelayanan yang berorientasi kepada pelanggan dan kinerja keuangan yang efisien serta akuntabel. Kemudian, meningkatkan sarana prasarana dan SDM rumah sakit untuk menunjang layanan unggulan traumatik serta rehabilitasi medik. Selanjutnya, menyediakan sarana prasarana dan fasilitas untuk mendukung layanan unggulan berbasis Terapi Wisata Bahari.

"Setiap tahun inovasi kami memang selalu bertambah," kata Hofur.

Di tahun sebelumnya, Hofur mengaku juga menerapkan inovasi 5B. Adalah, Benar pasien, Benar dosis, Benar obat, Benar aturan pakai dan waktu pemberian, dan Benar informasi obat.

Dia menjelaskan, 5B ini merupakan layanan unggulan dari Instalasi Farmasi RSUD Suradadi. 

Menurutnya, Benar pasien adalah, bagian instalasi farmasi bakal melakukan verifikasi identitas pasien. Sehingga, pasien dapat ditangani dengan baik.

Kemudian untuk Benar dosis artinya, bagian instalasi farmasi akan melakukan verifikasi ketepatan dosis. Sehingga dosis yang diberikan kepada pasien tidak salah.

Sumber: