Jelang Idul Adha, Harga Cabai di Tegal Naik dan Daging Sapi Turun

Jelang Idul Adha, Harga Cabai di Tegal Naik dan Daging Sapi Turun

MELAYANI - Seorang pedagang cabai di Pasar Trayeman Slawi sedang melayani pembeli, kemarin.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sejumlah komoditas sayuran mengalami kenaikan. Mulai dari cabai hingga tomat. Sedangkan yang turun, hanya daging sapi dan bawang merah.

Harga cabai setan yang sebelumnya berkisar Rp30 ribu per kilogram (Kg), sekarang naik menjadi Rp35 ribu per kg.

Harga cabai merah juga naik. Sebelumnya berkisar Rp35 ribu per kg, sekarang Rp38 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai rawit hijau, harganya stabil. Yakni di kisaran Rp25 ribu per kg.

"Mayoritas harga cabai memang naik. Ini terjadi sejak dua hari yang lalu," kata Wati, 37, salah satu pedagang sayuran di Pasar Trayeman Slawi, Kabupaten Tegal, Jumat, 9 Juni 2023.

Menurut dia, tidak hanya harga cabai yang naik, tomat juga naik. Harga tomat sebelumnya Rp11 ribu per kg, sekarang menjadi Rp12 ribu per kg. Sementara untuk harga bawang merah, mengalami penurunan sekitar Rp5 ribu.

Dari sebelumnya Rp35 ribu per kg, sekarang menjadi Rp30 ribu per kg.

"Tapi mayoritas harga sayuran naik," ujarnya.

Terpisah, Agung, 38, penjual daging sapi mengeluh kondisi pembelian yang sepi. Padahal, harga daging sapi mengalami penurunan.

Harga daging sapi premium yang sebelumnya berkisar Rp150 ribu per kg sekarang menjadi Rp140 ribu per kg. Sementara untuk daging sapi tetelan stabil di kisaran Rp125 ribu per kg.

"Tapi pembelian sepi. Ini saja masih ada stok 5 kilogram, belum laku," tukasnya. ***

Sumber: