Kupat Blengong Khas Tegal, Kuliner Sedap Gurih yang Susah Dilupakan

Kupat Blengong Khas Tegal, Kuliner Sedap Gurih yang Susah Dilupakan

Kupat Blengong Khas Tegal-Khikmah Wati-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Selain terkenal sebagai Kota Bahari, Kota Tegal juga kaya dengan kuliner khas yang susah dilupakan. Tidak hanya mampu menggugah selera, banyak menu kuliner yang menjadi daya tarik kota ini.

Salah satunya Kupat Blengong Khas Tegal. Kuliner sedap gurih yang mantap ini menjadi salah satu menu kuliner khas Kota Tegal yang jarang dijumpai di kota lain. 

Menu ini merupakan varian kuliner kupat atau ketupat yang menjadi ciri khas Tegal. Hal yang membedakan menu ketupat ini dengan lainnya ada pada sayur dan daging yang menjadi pendampingnya.

Ketupat sayur biasanya disajikan dengan kuah sayur kuning bersantan encer dengan isian labu, tauge, dan sayuran lainnya. Namun, untuk menu kupat blengong, kuah santannya jauh lebih kental.

Tidak ada isian sayur di dalam kuah kuningnya. Kalaupun ada, jumlahnya sangat sedikit. Berupa potongan tempe kecil yang diiris memanjang untuk menambah cita rasa saja.

Karena teksturnya kental, orang kadang menyebut sayur kupat blengong sama dengan kupat glabed. Glabed di sini merupakan bahasa Tegal untuk menyebut tekstur cairan yang kental dan lengket.

BACA JUGA:5 Tempat Makan Sate Kambing di Brebes, Potongan Daging Lebih Besar

Rasa kuah yang glabed akan semakin sedap saat berpadu dengan potongan ketupat. Layaknya kuliner khas Tegal lainnya, menu ini juga memiliki rasa yang dominan gurih asin dari pada manis.

Tambahkan bawang goreng dan kerupuk mie kuning atau kerupuk oranye sebagai pelengkap. Hal yang tidak kalah penting dari menu ini adalah olahan blengong dan sate blengongnya. 

Blengong ini merupakan jenis unggas hasil perkawinan silang antara bebek jantan dan angsa betina. Unggas ini banyak diternakkan oleh masyarakat Kota Tegal.

Terutama mereka yang tinggal di Kelurahan Sumurpanggang dan Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana. Untuk menjadi pelengkap kupat, blengong akan diolah menjadi masakan khusus dengan rasa gurih pedas. 

Mulai dari daging, jeroan, kulit sampai tulang blengong diolah sebagai masakan. Pembeli tinggal memilih menu mana yang akan dijadikan pelengkap kupat blengongnya. 

BACA JUGA:SBY ke Tegal, Makan Sate dan Enggan Singgung Moeldoko dan Cawapres Anies

Sumber: