Digelar Lebih Cepat, Sekolah Implementasikan P5 dalam Kurikulum Merdeka di Atas Panggung

Digelar Lebih Cepat, Sekolah Implementasikan P5 dalam Kurikulum Merdeka di Atas Panggung

PENTAS SENI - Sejumlah siswa SD Negeri Kertayasa 01 saat memampilkan pentas seni, Selasa, 30 Mei 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

KRAMAT, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Ada banyak cara yang bisa dilakukan sekolah untuk mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka. Salah satunya bisa dilakukan di atas panggung.

Seperti yang dilakukan SD Negeri Kertayasa 01 Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal pada Selasa, 30 Mei 2023. Mereka sengaja mengimplementasikan P5 dalam Kurikulum Merdeka dengan Gelar Karya dan Pentas Seni para pelajar.

Kegiatan ini dipusatkan di halaman SD Negeri Kertayasa 01. 

"Sebenarnya kegiatan ini merupakan rangkaian acara perpisahan siswa kelas 6. Kami gelar lebih awal," kata Kepala SD Negeri Kertayasa 01 Siti Ngaisah.

Siti bersyukur acara ini berlangsung sangat meriah. Acara diisi dengan pentas siswa seperti pencak silat, paduan suara, menari kreasi baru, membaca Al Quran dan fashion show.

BACA JUGA:Pengumuman OSN SMP 2023 Sudah Keluar, 2.293 Peserta Berhak Melaju ke Provinsi

Menurut Siti, gelar karya dan pentas seni ini merupakan implementasi P5 dalam Kurikulum Merdeka.

"Jumlah siswa kami sebanyak 241 anak. Mereka tergabung dalam 9 rombongan belajar (rombel)," sambungnya.

Koordinator Wilayah Kecamatan (KWK) Kramat Sudir mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, penerapan P5 di SD Negeri Kertayasa 01 ini sangat bagus. 

Kendati demikian, pihaknya tetap meminta kepada para guru agar selalu memberikan pendidikan karakter seperti pada kurikulum merdeka kepada anak didik.

"Kerja sama orangtua dan guru sangat bagus, harus dipertahankan," ucapnya.

BACA JUGA:Memanusiakan Manusia, Konsep Ki Hajar Dewantara Masuk Kurikulum Merdeka Belajar

Hal senada disampaikan Ketua Komite SD Negeri Kertayasa 01 Sudaryo. Dia menuturkan, para dewan guru dan wali murid telah bekerjasama dengan baik. 

Terbukti, acara ini berlangsung sukses dengan kepanitiaan dari orang tua siswa.

Sumber: