Google Rilis Chatbot AI Bard, Sudah Siap Menantang ChatGPT OpenAI?

Google Rilis Chatbot AI Bard, Sudah Siap Menantang ChatGPT OpenAI?

Picture by Mojahid Mottaki on Unsplash--

SLAWI, radartegal.disway.id - Kini tengah ramai dibahas oleh public mengenai Artificial Intelligence atau AI. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba meluncurkan kecerdasan buatan yang mereka miliki.

Hal ini juga dilakukan oleh search engine raksasa Google yang meluncurkan chatbot AI yang diberina nama Bard atau Google Bard.

Chatbot garapan Google ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat umum meski masih dalam tahap uji coba.

Google Bard sama dengan platform kecerdasan buatan lain seperti Microsoft Bing dan ChatGPT OpenAI. Para pengguna dapat menuliskan pertanyaan atau perintah mereka lalu direspon dan dijawab oleh Bard.

Chatbot Bard atau Google Bard sudah bisa dicacak di Indonesia meski belum mendukung bahasa Indonesia karena masih dalam tahap uji coba.

Para pengguna yang berasal dari Indonesia sudah bisa mengajukan pertanyaan ke AI garapan Google ini menggunakan bahasa Inggris.

BACA JUGA: Dampak Adanya Artificial Intelligence (AI): Apakah Akan Gantikan Manusia di Masa Depan?

Cara menggunakan Google Bard

  • Ada beberapa langkah-langkah menggunakan platform luncuran google yang satu ini diantaranya:
  • Membuka browser di PC maupun smartphone lalu ketik di kolom bar “bard” maka pada laman pertama akan muncul bard.google.com
  • Login dengan akun Google untuk mengakses Bard
  • Lalu klik “Try Bard
  • Jika Anda adalah pengguna yang abru pertama kali menggunakan Google Bard maka Anda akna menemuka laman Terms & Privacy lalu klik setuju untuk melanjutkan
  • Terakhir Anda akan menemukan tampilan chatbot pada umumnya lalu masukkan pertanyaan ataupun perintah yang diinginkan untuk memulai percakapan

BACA JUGA: Akhirnya, OpenAI Luncurkan Aplikasi ChatGPT Resmi untuk iOS

Selain itu, Google Bard jjuga memiliki beberapa fitur lain seperti edit perintah atau pertanyaan dan mengekspor jawaban ke Docs atau Gmail melalui ikon tanda panah yang ada di bawah repson.

Apakah Google Bard menjadi penantang ChatGPT?

Google baru saja mengumumkan perilisan Bard pada awal tahun 2023 sebagai salah satu chatbot AI yang tergabung dalam barisan penantang chatbot garapan Open AI, ChatGPT.

CEO Alphabet Sundar Pichai mengatakan “Bard berusaha menggabungkan pengetahuan di dunia dengan kekuatan, kecerdasan dan kreativitas bahasa dari model yang kami miliki”

BACA JUGA: Jenis-jenis AI yang Mengguncang Dunia Digital, Sudah Coba Salah Satunya?

Sumber: