Bukan Tahu Aci!, Ini Makanan Khas Dari Kota Tegal Yang Wajib Kamu Coba.

Bukan Tahu Aci!, Ini Makanan Khas Dari Kota Tegal Yang Wajib Kamu Coba.

Cobain Kuliner Satu Ini Saat ke Tegal Di Jamin Nagih--

Tegal, radartegal.disway.id - Siapa disini yang suka makan ketupat?, Makanan yang identik sekali dengan perayaan idul fitri ini ternyata memiliki banyak sekali varian. Contohnya di Tegal saja ada berbagai macam varian ketupat seperi Kupat blengong, kupat bongkok, dan kupat glabed.

Pada artikel ini kita akan mengenal yang namanya Kupat Glabed, Sajian ketupat dari tegal yang sangat terkenal di daerah randugunting.

Nama glabed sendiri di ambil dari bahasa tegal yakni Glabed yang berarti makanan yang memiliki kuah kental.

Sejatinya ketupat memiliki kuah yang tidak kental dan cenderung asam dan pedas dari segi rasa, Namun berbeda dengan kupat glabed, Jenis ketupat ini memiliki kuah yang kental dengan rasa asam pedas gurih dan berminyak.

BACA JUGA:Spot Wisata Terbaik di Tegal Selain Guci, Cocok Banget Buat Chilling Saat Akhir Pekan

Ciri khas dari makanan ini sendiri ialah dari warna kuahnya yang berwarna kuning kental berisi tempe yang di potong kecil kecil.

Kupat glabed sangatlah cocok dinikmati di waktu hujan atau panas di rekomendasikan makan saat sore menjelang maghrib. Sajian ini juga bisa dinikmati dengan Sate ayam atau sate telur puyuh, Bisa juga dengan tempe tepung atau orang tegal lebih suka menyebutnya mendoan.

Cita rasa gurih yang di hasilkan makanan ini mirip sekali dengan opor ayam hanya saja kuahnya lebih kental, Rasa gurih pada kuah kupat glabed di hasilkan dari kaldu iga sapi yang di campur dengan santan kelapa yang kemudian di beri bumbu rahasia.

Potongan ketupat yang lembut di padukan dengan kuah kental yang gurih di tambah dengan sate ayam menjadikan sajian ini sangat pas kamu santap di jam istirahat atau makan siang.

Nah untuk kamu yang pengen nyoba sajian ini kamu bisa mampir ke warung kupat glabed ibu wartini tepatnya ada di Jalan Ayam 1, Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.

BACA JUGA:15.000 Porsi Makanan Gratis di Pesta Rakyat Slawi Ageng 2023 Disiapkan Pemkab Tegal

Sejarahnya Warung Ibu Wartini sudah berdiri dari tahun 1980, Dan di tahun itulah Kupat glabed bermula tepatnya di kelurahan Randugunting.

Asal usul nama glabed sendiri merupakan istilah yang di gunakan orang tegal untuk penyebutan makanan yang memiliki kuah kental, Nah karena kupat glabed memiliki kuah yang kental maka namanya jadi kupat glabed.

Demikian informasi mengenai makanan khas dari randugunting ini semoga dapat bermanfaat.***

Sumber: