IG Down, Warganet Ngamuk di Twitter dan Jadi Trending

IG Down, Warganet Ngamuk di Twitter dan Jadi Trending

IG Down-Tangkapan Layar-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Media sosial IG atau Instagram, Senin, 22 Mei 2023 pagi mengalami down. Akibatnya, warganet marah dan ngamuk di Twitter.

Tidak hanya di Indonesia, netizen yang marah berasal dari berbagai belahan dunia. Mereka kesal karena tidak bisa mengakses IG tadi pagi.

Dalam beberapa waktu, aplikasi di bawah naungan Meta ini mengalami sejumlah error. Mulai dari feed yang tidak bisa diperbarui. 

Sementara di web, laman Instagram hanya menampilkan tampilan kosong. Dalam laman Downdetector, laporan tentang IG down muncul sejak pukul 04.48 WIB. 

Jumlah laporan ini kian bertambah, hingga akhirnya turun hingga 40 pada pukul 09.16 WIB. Tercatat ada setidaknya 188.657 laporan terkait kejadian ini hingga pukul 09.33 WIB.

Melalui akun Twitternya, Instagram akhirnya mengakui jika IG down sambil mengungkap alasannya.

“Instagram kembali! Maaf atas masalahnya, kami mengalami pemadaman singkat sebelumnya dan menyelesaikan masalah yang menyebabkannya. #instagramdown,” kata Instagram dalam cuitannya, Senin, 22 Mei 2023.

BACA JUGA:Whatsapp, Google, Instagram Akan Diblokir Kemenkominfo 3 Hari Lagi, Yakin Bisa?

Mengutip dari The Verge, layanan lain milik perusahaan induk Instagram, Meta, seperti Facebook, WhatsApp, atau Horizon Worlds, tampaknya tidak terpengaruh. Tidak ada tanda-tanda masalah, seperti pusat data yang menghentikan layanan perusahaan selama berjam-jam pada tahun 2021.

“Sebelumnya hari ini, masalah teknis menyebabkan beberapa orang kesulitan mengakses Instagram. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk semua orang yang terkena dampaknya, dan kami mohon maaf atas gangguan yang ditimbulkannya,” ujar Juru bicara Meta, Dave Arnold.

Tidak berapa lama, Instagram mengumumkan bahwa platform media sosial mereka sudah bisa diakses kembali usai.

Perusahaan sendiri tidak menjabarkan lebih lanjut penyebab dari Instagram down ini. Namun yang pasti, masalah ini dialami banya pengguna IG di seluruh dunia.

Mengutip situs Down Detector, tercatat ada laporan Instagram down untuk wilayah Indonesia. Laporan tertinggi adalah pada pukul 05.54 dengan 2.062 laporan.

Sebanyak 47 persen melaporkan masalah pada koneksi server. 35 persen mengalami gangguan pada aplikasi, dan 19 persen menyebut gangguan saat masuk ke Instagram.

Sumber: