5 Cara Praktis Uji Kecepatan Internet di Rumah, Bisa Pakai HP dan PC

5 Cara Praktis Uji Kecepatan Internet di Rumah, Bisa Pakai HP dan PC

--

5 Cara Praktis Uji Kecepatan Internet di Rumah, Bisa Pakai HP dan PC

SLAWI, radartegal.disway.id - Jika internet Anda tidak stabil mungkin Anda membutuhkan uji kecepatan internet untuk melakukan cek kecepatan akses internet di rumah. Memastikan internet dalam keadaan normal sangat penting untuk menghindari terjadinya kendala saat sedang beraktivitas.

Dengan melakukan cek kecepatan internet maka Anda akan mengetahui penyebab internet tidak stabil. Umumnya penyebab internet tidak stabil karena paket internet sudah habis atau provider bermasalah.

Selain itu, Anda juga dapat membandingkan kecepatan internet provider yang Anda gunakan dengan provider lainnya melalui pengecekkan ini. Namun sebelum melanjutkan cara cek kecepatan internet maka Anda harus mengenal beberapa istilah-istilah yang ada.

  • Download speed

Download speed berisi angka yang tercantum dalam download speed yang menunjukkan seberapa cepat koneksi internet untuk mengunduh data. Jika angka yang tampil semakin besar maka semakin baik karena waktu yang digunakan untuk mengunduh data akan semakin cepat.

  • Upload speed

Upload speed berisi angka yang menunjukkan waktu yang dibutuhkan oleh perangkat untuk mengunggah data ke internet. Jika angka yang ditampilkan semakin besar maka semakin baik karena waktu yang dibutuhkan perangkat akan semakin cepat.

  • Ping

Angka yang ada pada ping menunjukkan jeda waktu yang dibutuhkan untuk mengirim data dari satu komputer ke komputer tujuan dan kembali lagi. Semakin kecil angkanya maka koneksi yang dimiliki semakin bagus misalnya 0-10 ms.

Cara Uji Kecepatan Internet di PC dan HP

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk melakukan tes atau cek  kecepatan internet yang dapat dilakukan, salah satunya ialah memanfaatkan website yang menyediakan fitur tersebut. Berikut ini beberapa website atau aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk cek kecepatan internet di PC dan HP.

  • Speedtest by Ookla

Situs yang pertama yakni speedtest by Ookla yang menjadi salah satu situs terkenal untuk menguji kecepatan internet. Cara melakukan cek kecepatan website melalui speedtes by Ookla dengan mengunjungi laman speedtest.net di browser.

  • Fast.com

Selanjutnya ada fast.com yang dikembangkan oleh perusaahn Netflix. Cara uji kecepatan internet melalui fast.com dapat dilakukan menggunakan berbagai jenis browser di perangkat Anda. .Saat laman terbuka maka Anda tidak perlu mengetuk opsi apapun karena sistem akan berjalan otomatis dan hasil muncul setelahnya.

  • Speedsmart

Speedsmart adalah salah satu situs web dengan fitur utama melakukan cek kecepatan internet. Untuk mulai memeriksa kecepatan internet melalui situs ini, Anda dapat kunjungi laman speedsmart.net di browser. Saat laman terbuka, klik opsi “Start Test” untuk memulai pemeriksaan kecepatan internet.

  • Meter.net

Meter.net menawarkan fitur cek kecepatan internet melalui situs sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya di smartphone. Di dalam meter.net terdapat sejumlah fitur seperti download speed, upload speed dan ping yang akan memudahkan Anda menganalisa jaringan. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda dapat langsung ketik meter.net di browser dan klik “Start” untuk memulai pengujian.

  • Speed Test WiFi Analyzer by Analiti

Terakhir, Anda bisa menggunakan Speed Test WiFi Analyzer by Analiti secara gratis. Penggunaannya juga cukup mudah sama seperti situs atau aplikasi pengujian lain. Namun, aplikasi ini belum tersedia untuk pengguna IOS. 

Sumber: