Brebes Tertinggi, Konsumsi BBM Meningkat Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Brebes Tertinggi, Konsumsi BBM Meningkat Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Sejumlah kendaraan roda empat sedang mengantri untuk mengisi BBM di SPBU.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2023 mengalami peningkatan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho menjelaskan jumlah pemudik pada tahun 2023 tercatat mengalami peningkatan sangat besar.

Namun untuk arus balik dilakukan secara bertahap sehingga terdapat dua momen puncak konsumsi BBM di arus balik yaitu pada tanggal 25 April dan 1 Mei 2023.

“Pada arus balik, Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan BBM pemudik yang meningkat hingga +66 persen untuk jenis Gasoline di tanggal 20 April (H-2 lebaran) pada puncak arus mudik dan kembali melonjak naik +46 persen untuk puncak arus balik 25 April 2022 (H+3 lebaran)," kata Brasto.

BACA JUGA:Hanya 28 Kejadian, Angka Laka Lantas di Brebes Turun Selama Arus Mudik dan Balik 2023

Namun, lanjut Brasto, gelombang arus balik tetap terjadi di hari berikutnya hingga mencapai puncak kedua di tanggal 1 Mei dengan kenaikan +22 persen.

Ketiga presentase tersebut naik dibanding rata-rata normal harian 12.736 KiloLiter (KL) per hari. 

Menurutnya, tren konsumsi untuk arus balik juga dapat terlihat di beberapa kota yang di lalui jalur balik menuju Jakarta selama periode H+3 hingga H+9 lebaran.

Konsumsi Gasoline tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes, dengan peningkatan konsumsi mencapai 501 KL per hari atau meningkat +43,5 persen dibandingkan rerata normal yang hanya 349 KL/hari.

BACA JUGA:800 Calhaj di Brebes Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Hipertensi Jadi Poin Kewaspadaan

Wilayah dengan konsumsi tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Pekalongan 313 KL/hari atau naik +43,2 persen dibandingkan kondisi normal yakni 218 KL/hari. 

Dan Kabupaten Pemalang 353 KL/hari atau naik +36 peren dibandingkan kondisi normal diangka 259 KL/hari. 

"Untuk konsumsi LPG juga naik 1,3 persen," imbuhnya. *

Sumber: