Peringati Hardiknas, Ganjar: Jateng Terus Lahirkan Program Revolusioner Bidang Pendidikan

Peringati Hardiknas, Ganjar: Jateng Terus Lahirkan Program Revolusioner Bidang Pendidikan

Peringati Hardiknas, Ganjar: Jateng Terus Lahirkan Program Revolusioner Bidang Pendidikan.--

SEMARANG, RADARTEGAL.COM - Pada penghujung masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap ke depan provinsi yang telah dipimpinnya selama satu dasawarsa akan terus melahirkan program revolusioner. Khususnya program di bidang pendidikan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan sambutan pada acara Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, di Halaman Kantor Pemprov Jateng, Selasa 2 Mei 2023. 

Ganjar mengatakan, pendidikan bisa menjadi panglima yang membawa Indonesia menjadi negara adidaya.

“Tadi kami sampaikan, yang pertama akses pendidikan harus semakin banyak, makin merata, dan mereka yang tidak mampu harus dibantu negara,” ujar Ganjar.

BACA JUGA:Calon Presiden dari PDIP Dapat Dukungan Penuh Konfederasi Buruh, Ganjar: Terima Kasih

Gubernur Jateng dua periode itu menuturkan, banyak cara yang bisa diupayakan untuk mewujudkan itu. Baik secara konvensional, maupun modern dengan memanfaatkan teknologi.

“Riset sekarang mesti lebih dalam lagi, apalagi yang perguruan tinggi kita sudah punya BRIN, Jawa Tengah punya BRIDA. Maka, kolaborasi ini kita pakai untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang tidak tuntas dan harus lebih cepat,” katanya.

Di sisi lain, Ganjar juga menekankan agar pendidikan budi pekerti tidak ditinggalkan. Selain itu, juga penting untuk menanamkan budaya integritas sejak dini.

“Sehingga mereka mengerti mana baik ,mana buruk, dan bagaimana harus menjaganya. Ya termasuk hormat sama orangtua, cinta pada bangsa dan negara. Itu sesuatu yang hari ini ingin kami sampaikan dalam Hari Pendidikan,” tegasnya.

BACA JUGA:Bertemu di Semarang, Ganjar Sandi Sepakat Bangun Kemandirian Desa

Ganjar berharap, Jawa Tengah akan terus melahirkan program revolusioner di bidang pendidikan. Misalnya,  kebijakan sekolah gratis, sekolah virtual, hingga SMK Jateng diharapkan bisa dipertahankan, bahkan dikembangkan.

“Kami harapkan menjadi pondasi ya, ketika kemudian sekolah negeri sudah bisa tidak berbayar. Maka, kami harapkan mereka yang tidak mampu bisa punya akses,” katanya.

Ganjar mengatakan, pendidikan menjadi cara efektif untuk berinvestasi. Melalui pendidikan, kata Ganjar, bisa mendorong pengentasan kemiskinan di lingkungan terdekat.

BACA JUGA:Ganjar Jadi Capres PDIP, Tokoh Gereja se Indonesia: Kami Lega, Harapan Kami Ada di Bapak

Sumber: