Hadapi Mudik Lebaran 2023 PMI Kabupaten Tegal Tingkatkan Skill Relawan

Hadapi Mudik Lebaran 2023 PMI Kabupaten Tegal Tingkatkan Skill Relawan

Para relawan saat mengikuti pelatihan pertolongan pertama, di gedung PMI Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Puluhan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal mengikuti pelatihan di bidang pertolongan pertama dan kegawatdaruratan, di Gedung PMI setempat.

Pelatihan itu untuk meningkatkan skill seiring dengan datangnya musim mudik lebaran 2023 yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

"Saat ini kita sedang meningkatkan kompetensi dan skill di bidang pertolongan pertama. Ini sebagai langkah kami untuk menyambut pemudik," kata Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo, yang diwakilkan oleh Totok Novariyanto, saat membuka acara pelatihan.

Dia mengungkapkan, peningkatan kapasitas ini dilakukan melalui kegiatan penyegaran pertolongan pertama dan kegawatdaruratan PMI Kabupaten Tegal. Kegiatan ini diikuti 60 relawan PMI dan relawan mitra.

BACA JUGA:Memanas! Panitia Pilkades Antar Waktu di Plumbungan Tegal Dimosi Tidak Percaya Warga

Adapun, unsur relawan PMI yakni, Perwakilan Korps Sukarela (KSR), Forpis, dan TSR Medis PMI Kabupaten Tegal.

Sementara dari unsur Relawan Mitra antara lain, Ubaloka Pramuka, RAPI, Lindu Aji dan Banser.

"Tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan skill relawan PMI di bidang pertolongan pertama," ujarnya.

Dengan adanya pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu memahami soal konsep pertolongan pertama dan kegawatdaruratan serta mampu melakukan tindakan pertolongan pertama dengan tekhnik yang tepat.

BACA JUGA:Sedimentasi Kali Kebajangan Dukuhwaru Tegal Parah, Warga Butuh Normalisasi

Menurutnya, jika relawan berkompeten maka mereka bisa berbuat atau melakukan tindakan pertolongan serta penyelamatan ketika terjadi keadaan darurat. Terutama saat penugasan PAM lebaran.

Keterampilan pertolongan pertama yang dimiliki diharapkan bisa diterapkan di lapangan. Tujuannya untuk memberikan pertolongan dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan.

Terpisah, Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal, Sunarto, menjelaskan selama penyegaran materi pertolongan pertama, para peserta dibekali materi penanganan luka perdarahan, pembidaian, pembalutan luka, terapi oksigen, dan evakuasi.

Sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, PMI Kabupeten Tegal menghadirkan beberapa fasilitator yang berkompeten di bidangnya. Yakni, dari PSC 119 Dinkes Kabupaten Tegal dan Fasilitator PMI Kabupaten Tegal.

Sumber: