Kuatkan Kerjasama Universitas Luar Negeri, IBN Tegal Go Internasional

Kuatkan Kerjasama Universitas Luar Negeri, IBN Tegal Go Internasional

Rektro IBN Tegal Dr Saepudin MA saat kerjasama dengan Calidonia Univercity Inggris dan Camboja.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal go internasional. Tidak tanggung-tanggung, IBN kini melakukan kerjasama di bidang akademik dengan berbagai universitas luar negeri. Di antaranya, Malaysia, Thailand, Inggris dan Camboja.

Rektro IBN Tegal Dr Saepudin MA membenarkan hal itu. Menurutnya, kerjasama tersebut tidak hanya di bidang akademik. Melainkan juga di bidang penelitian, program kreativitas mahasiswa (PKM) dan pertukaran dosen serta mahasiswa.

Sejauh ini, kerjasama yang dilakukan IBN yakni dengan International Islamic Univercity of Malaysia (IIUM) pada Desember 2022 lalu.

Kemudian pada 15-20 Maret 2023, IBN kembali melakukan kerjasama dengan Tecnology Univercity Krungthep Bangkok-Thailand dan  Calidonia Univercity Inggris serta Camboja. 

BACA JUGA:Peningkatan Mutu Pendidikan, SMK Peristek Tegal MoU dengan UTDI Yogyakarta

"Baru-baru kemarin, kita juga melakukan penelitian bersama dengan USIM dan UNiSZA Malaysia. Kita juga melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen, termasuk juga melakukan publikasi ilmiah dengan dua universitas itu," kata Saefudin, Minggu 26 Maret 2023.

Saefudin yang dilantik menjadi Rektor IBN Tegal sejak Kamis 19 Januari 2023 itu, memang sudah menyiapkan sejumlah manuver program untuk menggenjot IBN bertaraf Internasional. 

Daya jelajah IBN harus auto the book, tapi tidak meninggalkan lokal. Saat ini, IBN sudah memiliki SDM yang luar biasa, dan hanya tinggal mengembangkan dan memaksimalkan. 

"Untuk merealisasikan dalam bentuk aksi nyata (MoA) itu, kami memang tidak bosan-bosannya melakukan pembenahan internal, terutama pada sumber daya manusia, yaitu penguatan bahasa Arab dan Inggris," ujarnya.

BACA JUGA:1.446 Pramuka Garuda Kota Tegal Dilantik, 12 Diantaranya Penegak SMK YPT

Saefudin berharap, para dosen IBN mampu berkomunikasi menggunakan dua bahasa asing itu. Baik saat memberikan kuliah kepada para mahasiswa, maupun sedang bertugas ke perguruan tinggi di luar negeri.

Saefudin mengemukakan, saat ini IBN Tegal juga sedang berbenah sarana dan prasarana. Konsepnya adalah, kampus milenial atau kekinian.

Konsep itu diawali dengan pemugaran pagar dan pintu gerbang kampus. Termasuk wajah gedung utama kampus juga akan direnovasi. 

"Prinsipnya, kami akan membuat senyaman mungkin untuk para mahasiswa. Baik di dalam kelas maupun di luar kelas," ucapnya.

Sumber: