Tilik Warga Terdampak Erupsi Gunung Merapi, Ganjar Malah Ketemu Kakeknya

Tilik Warga Terdampak Erupsi Gunung Merapi, Ganjar Malah Ketemu Kakeknya

Tilik Warga Terdampak Erupsi Gunung Merapi, Ganjar Malah Ketemu Kakeknya.--

MAGELANG, RADARTEGAL.COM - Ada momen lucu saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan tinjauan ke Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Senin 13 Maret 2023. Di lereng Gunung Merapi itu, Ganjar bertemu seorang lansia yang ternyata kakeknya.

Bermula ketika Ganjar menyapa sejumlah lansia di desa tersebut yang berada di balai desa. Dua di antaranya berusia di atas 80 tahun. Seorang di antaranya bernama Darto dan pendengarannya sudah berkurang.

“Mbah, anake pinten? Cucunya berapa?,” kata Ganjar.

Mbah Darto kemudian menyebutkan satu persatu nama dari tiga anaknya. Kepada Ganjar, Mbah Darto mengaku sudah memiliki delapan cucu. Ternyata, di antaranya bernama Ganjar.

BACA JUGA:Truk ODOL Sebabkan Jalan Rusak, Ganjar Siapkan Alat Timbang Portable

“Walah dicari ke mana-mana ternyata kakek saya ada di sini, sehat terus nggih,” kata Ganjar.

Suasana di balai desa pun penuh sukacita. Meski kesulitan mendengar, hal itu tak membatasi interaksi Ganjar dan Mbah Darto. Keduanya justru hanyut dalam obrolan layaknya kakek dan cucu kandung.

Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta warga agar senantiasa waspada. Sebab, hingga saat ini aktivitas gunung yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta masih tinggi.

“Mereka yang tinggal di sini sudah mengerti sebenarnya. Tinggal kita menjaga agar masyarakat aman,” kata Ganjar.

BACA JUGA:Ganjar Cek Jalan Raya Solo-Purwodadi, Pastikan Perbaikan Jalan Rusak Optimal

Saat berdialog dengan Ganjar, para lansia tersebut mengaku akan mengikuti instruksi jika suatu hari terjadi situasi yang buruk. Mantan anggota DPR ini pun meminta kepada seluruh pemangku bertanggung jawab terkait memberi informasi kepada masyarakat secara rutin. 

“Minimal dalam taraf-taraf tertentu mereka yang sudah cukup terlatih itu memberikan informasi yang penting,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Ganjar, masalah kesehatan juga harus diperhatikan. Khususnya para lansia. Sementara keluhan terkait pakan ternak, Ganjar segera berkomunikasi dengan pusat untuk bantuan.

“Alhamdulillah dari kementrian tadi sudah turun, kementrian pertanian, saya minta hari ini hasil pendataannya segera dilaporkan kepada Dirjen agar kita bisa mendapatkan keputusan cepat. Harapan saya besok atau lusa sudah ada suplai pakan ternak,” tuturnya.

Sumber: