Sudah Aman, Pancuran 13 Obyek Wisata Guci Tegal Kembali Dibuka

Sudah Aman, Pancuran 13 Obyek Wisata Guci Tegal Kembali Dibuka

Sejumlah wisatawan saat mandi di Pancuran 13 Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal, Selasa 28 Februari 2023.-Yeri Noveli-

BUMIJAWA, RADARTEGAL.COM - Pancuran 13 di Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal kembali dibuka untuk umum. Pihak pengelola memastikan Pancuran 13 sudah aman dikunjungi oleh wisatawan.

"Sudah dibuka sejak Sabtu malam 25 Februari 2023 kemarin. Dibuka untuk umum," kata Kepala UPTD Pariwisata Kabupaten Tegal, Achmad Abdul Khasib, Selasa 28 Februari 2023.

Dirinya tak menampik, pada Jumat siang 24 Februari 2023, Pancuran 13 memang mengalami sedikit kerusakan karena diterjang banjir bandang. Namun, kerusakan tidak begitu parah. Hanya saja, material berupa batu kerikil dan lumpur menumpuk di kolam Pancuran 13. 

Selain itu, sumber mata air Sungai Gung juga meluap. Air sungai berwarna kecoklatan karena di wilayah tersebut diguyur hujan deras. Sehingga untuk sementara waktu, Pancuran 13 ditutup untuk umum. 

BACA JUGA:15 Pelajar Ikut Lawatan Sejarah Kabupaten Tegal

"Tapi sekarang materialnya sudah dibersihkan. Sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan. Insya Allah aman," kata Khasib.

Hal senada disampaikan Pengelola Pancuran 13 Guci, Heri Siswanto. Dia menyatakan, Pancuran 13 sudah dibuka untuk umum dan sudah aman dikunjungi oleh wisatawan.

"Airnya sudah stabil, tidak keruh. Dibuka sejak Malam Minggu kemarin (Sabtu Malam)," ujar Heri.

Kendati sudah dibuka, tapi Heri tetap waspada. Jika terjadi hujan deras kembali, pihaknya akan langsung mengimbau pengunjung supaya menjauh dari Pancuran 13 dan air terjun. 

BACA JUGA:Soal Pelaksanaan Pokok-pokok Pikiran, DPRD Kabupaten Tegal Belajar ke Kediri

"Kalau hujan lagi, kami langsung woro-woro supaya pengunjung mengosongkan Pancuran 13. Bagi yang masih ingin berenang, maka akan kami sarankan supaya pindah di kolam renang yang lebih aman," tukasnya. *

Sumber: