50 Peserta Ikut Lokakarya Relawan 2023 PMI Kabupaten Tegal

50 Peserta Ikut Lokakarya Relawan 2023 PMI Kabupaten Tegal

50 Peserta Ikut Lokakarya Relawan 2023 PMI Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal menggelar Lokakarya Relawan XI Tahun 2023. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula PMI setempat, Minggu 26 Februari 2023.

Lokakarya yang dibuka Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo itu, diikuti 50 relawan. Mereka merupakan perwakilan dari unsur Relawan Korps Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR).

Menurut Iman Sisworo, agenda kegiatan tersebut yakni, refleksi kegiatan relawan tahun sebelumnya, pemilihan para koordinator relawan (Korel) dan menyusun usulan kegiatan relawan tahun 2023.

Iman mengemukakan, salah satu strategi potensial dalam mengasah kreatifitas dan rasa tanggung jawab relawan terhadap organisasi adalah memfasilitasinya dalam Forum Relawan PMI yang dibentuk di lingkungan PMI.

BACA JUGA:Meninggal dengan Mulut Berbusa, 2 Korban Tenggelam di Kali Mati Kebojongan Pemalang Ditemukan

Demi memaksimalkan tujuan tersebut, PMI Kabupaten Tegal secara rutin menyelenggarakan Lokakarya Relawan setiap tahun sejak tahun 2012.

"Intinya, kegiatan ini untuk pemberdayaan peran relawan dalam pengembangan organisasi dan peningkatan kualitas pelayanan Kepalangmerahan," ujarnya.

Diharapkan, setelah mengikuti kegiatan tersebut, relawan mampu meningkatkan perannya dalam proses pembinaan dan pengembangannya serta memahami SOP pelayanan markas.

Selain itu, juga dapat menyusun usulan program kerja di bidang relawan tahun 2023 dan mengorganisasikan jejaring relawan Kabupaten Tegal dalam wadah forum relawan yang lebih berkualitas.

BACA JUGA:Marak Aksi Tawuran Pelajar di Kabupaten Tegal, Polisi Berlakukan Efek Jera Bagi Pelaku

"Dalam Lokakarya ini, ada beberapa koordinator yang diganti untuk masa bakti 2023 – 2025," sambungnya.

Dia membeberkan, untuk Korel yang terpilih yakni, Wakhidin SPd, menggantikan Abdul Kholik. Kemudian Koordinator Sibat Kabupaten, Agus Widiyanto (Petahana).

Sedangkan Koordinator KSR Kabupaten yakni Ishaq Maulana menggantikan Abdi Fria Sandi Kurniawan. Sementara untuk Ketua KSR Unit Markas adalah Vera Kurniati menggantikan Husni.

"Pemilihan ini dilakukan secara musyawarah untuk mufakat," kata Iman.

Sumber: