Banjir Bandang Rusak Pancuran 13 Obyek Wisata Guci Tegal

Banjir Bandang Rusak Pancuran 13 Obyek Wisata Guci Tegal

Sejumlah warga sedang membersihkan material yang menumpuk di kawasan Pancuran 13 Guci, Bumijawa, Tegal.-Yeri Noveli-

BUMIJAWA, RADARTEGAL.COM - Hujan deras yang melanda kawasan Objek Wisata Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jumat 24 Februari 2023 lalu menyebabkan banjir bandang. Akibatnya Pancuran 13 Guci rusak.

Kepala UPTD Objek Wisata Kabupaten Tegal, Achmad Abdul Khasib, mengatakan, imbas dari banjir bandang ini ada beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan di kawasan Guci. 

Namun tidak fatal. Korban jiwa maupun luka juga tidak ada. Adapun kerusakan diantaranya di tebing sungai ada yang sedikit rusak, sarana pancuran 13 ada yang rusak. 

Pihaknya mengaku akan segera memperbaiki agar pengunjung bisa lebih nyaman.

BACA JUGA:Penderita Gizi Buruk, Bocah 7 Tahun Warga Trayeman Tegal Dievakuasi ke Rumah Sakit Kariadi Semarang

Secara keseluruhan, Khasib menjelaskan wisata Guci tetap beroperasi seperti biasa, tapi khusus pancuran 13 ditutup sementara untuk umum. 

Tetapi jika nantinya bisa selesai cepat, maka pancuran 13 bisa langsung dibuka lagi. 

"Wisata Guci tetap buka, tapi kami imbau pengunjung sementara tidak mandi di Pancuran 13 dulu karena masih dalam pembenahan dan bersih-bersih. Nanti kalau cuaca sudah membaik, debit air berkurang, berbenah selesai, baru kami buka lagi," ujar Khasib, Sabtu 25 Februari 2023.

Pantauan di lokasi pada Sabtu pagi, pancuran 13 Guci masih ditutup sementara untuk umum karena sedang dilakukan bersih-bersih oleh pengelola wisata. 

BACA JUGA:New Honda BeAT 2023 Tambah Sporty dengan Warna-warna Baru, Yakin Gak Kepengin Beli?

Adapun material yang tertinggal pasca banjir bandang yaitu lumpur dan pasir kecoklatan.

Air keruh kecoklatan juga masih tersisa dan debit air di pancuran 13 Guci masih cukup deras.

Pengelola Pancuran 13, Heri Siswanto, menjelaskan, peristiwa banjir bandang terjadi setelah Salat Jumat atau sekitar pukul 14.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Sumber: