Isu Penculikan Anak di Kabupaten Tegal, Kapolres: Tak Ada Tapi Tetap Waspada

Isu Penculikan Anak di Kabupaten Tegal, Kapolres: Tak Ada Tapi Tetap Waspada

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK tegaskan tidak adanya kasus penculikan anak di wilayah Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

SLAWI,RADARTEGAL.COM - Santernya kabar penculikan anak di media sosial belakangan ini ditanggapi serius jajaran Polres Tegal. 

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menegaskan, bahwa sampai saat ini tidak ada insiden penculikan di wilayah hukumnya atau Kabupaten Tegal.

"Kami tegaskan sampai saat ini tidak ada insiden penculikan anak di wilayah Kabupaten Tegal. Namun demikian kita harapkan masyarakat tetap waspada dan jangan mudah percaya dengan isu yang beredar, saring sebelum sharing," ujarnya Jumat 3 Februari 2023.

Terkait hal tersebut untuk mengantisipasi keresahan masyarakat, Kapolres Tegal bersama seluruh jajarannya terutama jajaran Bhabinkamtibmas yang selalu berada di tengah masyarakat mensosialisasikan himbauan. 

BACA JUGA:Bupati Tegal Segera Turun ke Pasar, Perintah Presiden Joko Widodo: Pantau Harga Kepokmas

Isinya masyarakat tidak perlu takut berlebihan namun tetap meningkatkan kewaspadaan.

Jangan mudah percaya informasi sebelum mengetahui faktanya.

Berikan pemahaman kepada anak agar tidak mudah percaya kepada orang yang belum dikenal.

Mengawasi anak apabila berada di luar rumah dan tidak menggunakan barang mewah atau mencolok. 

BACA JUGA:Bupati Tegal: Perencanaan Partisipatif Libatkan Elemen Masyarakat

"Apabila melihat orang yang mencurigakan segera lapor petugas terdekat, apabila terdesak meminta pertolongan warga sekitar," cetusnya.

Zarod meminta untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada orang tua maupun anak didik agar tidak takut berlebihan namun tetap waspada. 

"Jangan percaya dengan berita penculikan sebelum mengetahui fakta yang sesungguhnya, jemput anak-anak sebelum jam sekolah berakhir dan anak-anak juga tidak keluar dari lingkup sekolah sebelum dijemput, serta jangan mau diberi uang atau jajan makanan dari orang yang tidak dikenal," pesan Kapolres Tegal.

Selain sosialisasi, patroli Zona Sat Samapta Polres Tegal maupun Jajaran Polsek akan kembali diintensifkan pada saat jam selesai sekolah. 

Sumber: