Bobol 3 ATM di Pemalang, 2 Dari 4 Pelaku Diringkus Polisi Dibantu Warga dan Satpam

Bobol 3 ATM di Pemalang, 2 Dari 4 Pelaku Diringkus Polisi Dibantu Warga dan Satpam

Dua tersangka pembonol ATM dikerumuni warga usai tertangkap basah sedang beraksi di ATM samping Stasiun KA Pemalang.-M Ridwan-

PEMALANG, RADARTEGAL.COM - Dua pelaku kejahatan pembobolan ATM Bank BRI di Stasiun Kereta Api Pemalang diringkus petugas. 

Aksi keduanya digagalkan satpam bersama warga, Minggu 29 Januari 2023.

"Keduanya masing-masing H, 44, berasal dari Bogor dan R, 23 dari Ogan Komering Ulu Selatan, sementara dua pelaku lainnya melarikan diri," jelas Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya, Senin 30 Januari 2023.

Kapolres mengatakan, Satreskrim Polres Pemalang langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), usai menerima laporan dari masyarakat, Minggu 29 Januari 2023 pagi. 

BACA JUGA:KYE LIKUH! Pelayanan Publik Pemkab Tegal Terbaik ke-12 Tingkat Nasional

Sesampainya di TKP,  mendapati 2 orang pelaku yang sudah diamankan satpam bersama warga di sekitar Stasiun Kereta Api Pemalang.

"Setelah dilakukan pemeriksaan intensif pada kedua tersangka, ternyata keempat pelaku kejahatan pembobolan ATM Bank di Pemalang sudah melakukan aksinya sebanyak 3 kali," kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, awalnya keempat pelaku berangkat dari Bogor ke Pemalang dengan mengendarai 2 sepeda motor, kemudian menginap di sebuah hotel di Taman, Pemalang, Jumat 27 Januari 2023.

Esok harinya, yakni Sabtu 28 Januari 2023 pagi, keempat pelaku mengawali aksi pembobolan ATM Bank Mandiri di samping kantor PLN Pemalang.

BACA JUGA:BURUAN! Hanya Modal KTP Dapat Pinjaman di Aplikasi Pinjol BRI, Tanpa Jaminan Lagi

“Keempat pelaku menutup lubang penarikan uang ATM dengan plat, sehingga ketika nasabah melakukan penarikan, uang tersebut tidak dapat keluar,” bebernya.

Setelah nasabah pergi, lanjut Kapolres, para pelaku membuka plat, untuk mengambil uang milik nasabah yang diganjal plat pada lubang penarikan uang ATM.

Sabtu sore, keempat pelaku melanjutnya aksinya di ATM Bank BRI Stasiun Pemalang dengan mengganjal lubang kartu ATM menggunakan potongan mika. 

Setelah nasabah melakukan penarikan uang di ATM tersebut, kartu ATM tidak dapat keluar.

Sumber: