Warga Pesisir Kota Tegal Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi

Warga Pesisir Kota Tegal Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi

Warga berwisata di Obyek Wisata Pantai Alam Indah, beberapa waktu lalu. Komisi III DPRD Kota Tegal mengimbau warga mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi. -K Anam Syahmadani-

KOTA TEGAL, RADARTEGAL.COM - Stasiun Meterologi Maritim Badan Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Tegal menginformasikan adanya potensi gelombang tinggi yang terjadi di Perairan Brebes sampai Pemalang.

Menyikapi itu, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal mengimbau seluruh warga untuk selalu mewaspa terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

“Warga agar mewaspadai potensi gelombang tinggi. Cuaca ekstrem dimungkinkan masih berlangsung sepekan ke depan,” kata Anggota Komisi III DPRD Sutari di Komplek Gedung Parlemen, Jalan Pemuda, Senin 2 Januari 2023.

Selain warga yang bertempat tinggal di pesisir pantai, imbauan ini juga disampaikan kepada nelayan yang melaut dengan sistem satu hari atau one day fishing. 

BACA JUGA:Awal Masuk Sekolah Pasca Libur Semester Polres Tegal Gencarkan Pemahaman Soal Kenakalan Remaja

Jangan hanya mementingkan mencari pendapatan, namun juga wajib mempertimbangkan aspek keselamatan diri sendiri. 

“Imbauan ini mohon untuk bisa dipahami,” tutur Sutari. 

Sehubungan dengan itu, Sutari mendorong Pemerintah Kota Tegal dapat memberikan bantuan sembako untuk meringankan beban nelayan yang terpaksa tidak melaut karena cuaca ekstrem. 

BACA JUGA:Luar Biasa! Libur Nataru Jumlah Wisatawan Guci Terbanyak di Jateng

Sebab, melaut merupakan mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan tidak semua nelayan tersebut merupakan warga mampu. 

Ketiga, diimbaukan kepada seluruh pengelola obyek wisata di Kota Bahari, meliputi Pantai Alam Indah, Pantai Pulo Kodok, Pantai Komodo, Pantai Batamsari, dan Pantai Muarareja, agar dapat memberikan peringatan dini potensi terjadinya gelombang tinggi kepada warga obyek wisata, baik pedagang maupun pengunjung yang datang. 

“Petugas keamanan obyek wisata harus bersiaga. BPBD juga agar siap sedia dari aspek kebencanaan,” imbuh Sutari yang berasal dari Fraksi PDIP.

BACA JUGA:Banjir Rendam Pertigaan Blandong Comal, Arus Lalu Lintas di Pantura Terhambat, Kendaraan Dialihkan

Dalam informasi yang dibagikan Stasiun Meterologi Maritim BMKG Tegal disebutkan gelombang tinggi berpotensi terjadi di sejumlah perairan, termasuk Peraian Brebes sampai Pemalang dengan ketinggian gelombang diprediksi 1,25 hingga 2,5 meter. 

Sumber: