Operasi Zebra Candi 2022 Mulai, Polisi Gencarkan Edukasi, Penindakan Andalkan Tilang Elektronik

Operasi Zebra Candi 2022 Mulai, Polisi Gencarkan Edukasi, Penindakan Andalkan Tilang Elektronik

-Hermas Purwadi-

SLAWI, radartegal.com - Paska gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2022 yang digelar di lapangan Mapolres Tegal, Satlantas Polres Tegal langsung tancap gas melakukan aksi nyata menggelar edukasi secara humanis. 

Ditengan terik matahari, aksi edukasi kali ini dilaksanakan di pintu exit tol Kalimati Adiwerna, dengan menyisir pengguna kendaraan roda 2, sopir angkot, dan juga kendaraan pengangkut material yang lalu lalang di lokasi tersebut.

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafaat SIK melalui Kasat Lantas AKP Erwin Chan Siregar SH SIK MH menyatakan, kegiatan edukasi secara humanis ini dikedepankan untuk menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas warga Kabupaten Tegal. 

"Sesuai arahan pimpinan selama Operasi Zebra berlangsung, penindakan dilakukan secara persuasif. Dan untuk penindakan hukum elektronik menggunakan E- TLe Go Sigap. Jadi personil kami dibekali dengan perlengkapan khusus. Sehingga jika menemukan pelanggaran di jalan, petugas ini mendokumentasikan dengan mencapture foto, dan secara otomatis diproses melalui E-TLE nasional. Setelahnya surat konfirmasi keluar sesuai alamat yang tertera pada identitas kendaraan," cetusnya.

Dalam kegiatan edukasi di areal exit tol tersebut, personil yang ditunjuk menyuarakan ajakan tertib berlalu lintas, dan dibarengi dengan penempelan stiker di bagian depan kendaraan roda empat dan roda dua.

Erwin menjelaskan, pelaksanaan operasi zebra candi 2022 mengedepankan kegiatan secara persuasif, humanis, memberikan edukasi kepada masyarakat. 

"Kami juga bagikan paket sembako kepada pengemudi angkutan dan penarik becak yang melintas sebagai bentuk kepedulian Satlantas Polres Tegal terhadap masyarakat yang merasakan dampak kenaikan BBM bersubsidi. Nantinya kami juga mengadakan sosialisasi menyasar siswa sekolah mulai TK, SD, SMP, SMA, termasuk mahasiswa di universitas bekerja sama dengan Dikbud Kabupaten Tegal. Harapannya nanti bisa disampaikan mengenai cara berkendara yang baik dan benar, serta lebih berhati-hati," ungkapnya. (*)

Sumber: