Timnas Indonesia U-20 Wajib Menang Besar dari Hong Kong

Timnas Indonesia U-20 Wajib Menang Besar dari Hong Kong

--

JAKARTA, radartegal.com - Usai menang atas Timor Leste 4-0 di laga perdana, Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Hong Kong U-20, Jumat malam 16 September 2022 pukul 20.00 WIB.

Pada matchday 2 Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Benowo, Surabaya ini, anak asuh Shin tae-yong kembali ditargetkan meraih poin penuh. Sehingga kans untuk lolos ke Piala Asia U-20 akan semakin terbuka.

Tidak hanya menang, Garuda Nusantara (julukan Timnas U-20) juga dituntut menang besar. Tetapi Shin tae-yong tidak berani memprediksi jumlah gol yang akan dicetak Marcelino Ferdinan dkk.

Pelatih asal Korea Selatan itu merasa dirinya bukan tuhan yang bisa mengetahui berapa jumlah gol yang akan dibuat Timnas U-20 Indonesia.

“Tidak tahu berapa jumlah gol yang akan dihasilkan pemain karena saya bukan tuhan,” kata pelatih asal Korea itu, dikutip Pojoksatu.id dari Jpnn.com, Kamis (15/9).

STY hanya meminta Hokky Caraka dkk bermain lebih mobile untuk bisa membongkar pertahanan Hong Kong. Tim pelatih, ungkap STY, sudah melihat permainan Hong Kong saat melawan Vietnam dan kalah 1-5 pada laga perdana.

Dan dengan mobilitas tinggi, akan memudahkan Indonesia mencetak banyak gol. “Mobilitas pemain, itu yang menentukan tim bisa menang,” ucapnya.

Karenanya, pergerakan tanpa bola maupun dengan bola pemain Indonesia harus dimaksimalkan. Sebab, saat menghadapi Timor Leste, masih terlihat banyak ruang kosong dan celah antarlini.

Selain itu, banyak kesempatan yang terbuang percuma. “Kami fokus ke mobilitas pemain, ini yang harus diperhatikan,” tuturnya.

Indonesia sendiri berpeluang untuk menyodok ke puncak klasemen jika meraih kemenangan besar. Vietnam sebelumnya menang 5-1, maka Indonesia harus bisa mencetak gol lebih banyak.

Sekadar diketahui, Kualifikasi Piala Asia atau AFC Championship U-20 2023 diikuti 44 negara yang terbagi dalam 10 grup. Berlangsung sejak 10 September hingga 18 Oktober mendatang.

Hanya juara grup yang lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023. Enam kontestan lainnya adalah tuan rumah Uzbekistan ditambah lima runner up terbaik.

Uzbekistan, meskipun ikut berkompetisi di kualifikasi Piala Asia U-20 ini, namun tidak masuk hitungan dalam penentuan peringkat di Grup A. Sebab sebagai tuan rumah putaran final otomatis lolos.

Jika Uzbekistan akhirnya menjadi juara grup, maka tim yang berstatus runner up adalah juara grup sesungguhnya dan tim peringkat ketiga akan bersaing dalam penentuan lima runner up terbaik. (*)

Sumber: