Ferdy Sambo Bersikukuh Tak Ikut Menembak Mati Brigadir J, Bharada E Marah

Ferdy Sambo Bersikukuh Tak Ikut Menembak Mati Brigadir J, Bharada E Marah

Irjen Ferdy Sambo--

JAKARTA, radartegal.com - Ferdy Sambo mengaku hanya Bharada E yang menembak mati Brigadir J. Mantan Kadiv Propam itu bersikukuh tak ikut menembak Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga.

Pengakuan Ferdy Sambo ini membuat Bharada E naik pitam saat rekonstruksi, Selasa 30 Agustus 2022Meski Ferdy Sambo bersikukuh tak ikut menembak, rekonstruksi yang dirilis kepolisiaan dalam bentuk animasi, justru memperlihatkan Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir J.

Sebelumnya, Komnas HAM pun mengungkapkan penembakan Brigadir J tidak hanya dilakukan Bharada E. Tetapi ada pihak lain yang ikut menembak.

Bharada E dalam pengakuannya melalui kuasa hukumnya Ronny Talapessy mengatakan dia melakukan penembakan pertama Brigadir J dan Ferdy Sambo menembak terakhir.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bahwa terbuka kemungkinan adanya penembak lain dalam pembunuhan Brigadir J yaitu orang-orang yang berada di lokasi penembakan.

“Terbuka kemungkinan adanya penembak lain selain Bharada E, di mana pelakunya adalah orang yang berada di lokasi tempat kejadian, bisa saja Putri Candrawati,” ungkap Taufan.

Taufan juga menambahkan bahwa bisa saja Kuwat Maruf ikut tembak Brigadir Joshua, karena di lokasi kejadian ada Bharada E, Ferdy Sambo, Putri Candrawati, Kuwat Ma'ruf, dan Bripka Ricky Rizal.

“Dugaan ini harus diselidiki oleh penyidik, karena dari hasil autopsi yang dilakukan kami menemukan bahwa tidak hanya ada satu jenis peluru,” tambah Taufan.

Terkait pengakuan Bharada Eliezer, Ronny menjelaskan bahwa kliennya telah mengungkapkan kepada penyidik.

“Bahkan saat menjalani tes lie detector Bharada E juga mengatakan bahwa setelah dia melakukan penembakan, Ferdy Sambo yang menembak terakhir,” tambah Ronny.

Keterangan dari Bharad E ini juga terdapat pada animasi yang dirilis oleh pihak kepolisian. Di mana memperlihatkan adanya adegan Ferdy Sambo menembak Brigadir J setelah tertelungkup di lantai.

Akan tetapi Ronny tidak menjelaskan secara detil bagai mana posisi Brigadir Joshua saat Ferdy Sambo melepaskan tembakan tersebut. Bharada E sempat naik pitam dalam gelar rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di kediaman Ferdy Sambo pada, Selasa 30 Agustus 2022.

Kemarahan Bharada E itu ia tumpahkan kepada Ferdy Sambo yang tidak melakukan adegan sesuai fakta kejadian. Selain naik pitam kepada Ferdy Sambo, Bharada E juga naik pitam kepada tersangka lain yang menurutnya melakukan adegan tidak sesuai seperti kejadian sebenarnya di rumah dinas Duren Tiga pada, Jumat 8 Juli 2022.

Dapat dilihat bahwa tersangka lain masih bekerja sama dengan Ferdy Sambo untuk mengaburkan kebenaran kematian Brigadir J. Bharada E hanya mau melakukan reka adegan yang sesuai dengan kejadian sesungguhnya.

Sumber: