Sukses dengan Perumahan Berbasis Komunitas, Dinperwaskim Mulai Kembangkan Perumahan Berbasis Optimis

Sukses dengan Perumahan Berbasis Komunitas, Dinperwaskim Mulai Kembangkan Perumahan Berbasis Optimis

MULAI DIRINTIS - Gambaran hunian berbasis optimis yang mulai dirintis oleh Dinperwaskim Brebes.-Dokumen Dinperwaskim Brebes-radartegal.com

BREBES, radartegal.com - Setelah dirasa sukses mengembangkan perumahan berbasis komunitas di Kecamatan Paguyangan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim) terus berinovasi.

Kali ini, Dinperwaskim Brebes bakal mengembangkan hunian berbasis Omah Panel Tingkat Milik Sejahtera (Optimis) di Dukuh Karangtuang Desa Dukuhturi Kecamatan Bumiayu.

Koordinator Perumahan Formal Swadaya Dinperwaskim Kabupaten Brebes Irfanudin mengatakan, Perumahan Optimis berbasis komunitas Kalket Guyub tersebut nantinya akan membangun 32 unit. Di mana, tahun ini akan dibangun dua unit terlebih dahulu

"Tahun ini baru dua unit yang bakal dibangun bulan September dan Oktober mendatang. Sedangkan sisanya nanti dibangun pada tahun depan," ujarnya.

Dijelaskannya, dalam prosesnya lahan tersebut nantinya disediakan oleh anggota komunitas dengan cara membeli secara mandiri seharaga Rp7,5 juta. Dan nantinya, akan mendapatkan bantuan dari pemprov senilai Rp50 juta berupa material panel ruspin.)

"Nantinya perumahan tersebut dibangun di tanah ukuran 4X7 meter persegi. Dengan bangunan dua lantai," jelasnya.

Ditambahkannya, pilot projects Optimis tersebut diperuntukan bagi warga korban bencana banjir bandang di bantaran Kali Keruh beberapa waktu lalu. Sehingga, pihaknya menyebutnya sebagai program pemerintah khususnya relokasi rumah  di bantaran sepadan sungai kali keruh Dukunturi Bumiayu.

"Program ini merupakan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi. Dalam hal ini provinsi menyediakan bantuan bahan perumahannya dan masyarakat terdampak nyediain lahannya secara rombongan. Dan pemda dalam hal ini menyediakan struktur bangunan seperti pondasi," pungkasnya. (*)

Sumber: radartegal.com