Brebes Longsor, Material Timbun Jalan Poros Manggis-Mlayang Sirampog

Brebes Longsor, Material Timbun Jalan Poros Manggis-Mlayang Sirampog

LONGSOR - Material longsor timbun jalan poros Manggis-Mlayang, Kecamatan Sirampog, Jumat, 9 September 2022.-Istimewa-radartegal.com

BREBES, radartegal.com - Musibah longsor terjadi di Dukuh Slawi Desa Manggis Kecamatan Sirampog, Jumat, 9 September 2022. Akibat kejadian tersebut, material longsor menimbun Jalan Poros Manggis-Mlayang Kecamatan Sirampog.

Informasi yang diterima, material longsor menutup jalan sepanjang 60 meter dengan ketebalan antara satu hingga tiga meter. Akibatnya akses jalur transportasi putus, jalan tidak dapat dilintasi kendaraan dan juga pejalan kaki.

Longsor terjadi lantaran hujan deras yang mengguyur wilayah setempat sejak pukul 10.30 hingga sore tadi. Bagian yang longsor merupakan tebing setinggi lima meter dengan bagian atasnya lahan pertanian warga.

Kebanyakan material longsor berupa tanah, batu dan wadas serta pohon-pohon yang tumbang menutup badang jalan. Akibatnya, butuh bantuan alat untuk membersihkannya. Sehingga, warga gotong-royong membersihkan di bagian sisi.

Kepala Desa Manggis Masruri saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke pihak kecamatan yang nantinya dilanjutkan ke pihak kabupaten.

"Sudah kami laporkan kejadian ini ke kecamatan. Kami membutuhkan alat untuk membersihkan material yang tebal," pungkansya.

Sekedar informasi, jalan poros yang tertutup material longsor merupakan jalan penghubung antara Desa Manggis dengan Desa Melayang dan Desa Mendala. Akibat tertutup longsor, kendaraan yang akan menuju Desa Mlayang harus memutar melalui jalan provinsi ruas Bumiayu-Sirampog. (*)

Sumber: radartegal.com